PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 1 SAWIT

KUSUMAWATI, NUR LAILA (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE DENGAN MENGGUNAKAN LEMBAR KERJA SISWA UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR MATEMATIKA PADA BANGUN DATAR LINGKARAN BAGI SISWA KELAS VIII SEMESTER II DI SMP NEGERI 1 SAWIT. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060261.PDF

Download (126kB)
[img] PDF
A410060261.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika pada bangun datar lingkaran melalui penerapan model pembelajaran think-talk-write dengan menggunakan LKS. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII G SMP Negeri 1 Sawit tahun ajaran 2009/2010 sebanyak 40 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi dengan penyidik. Hasil penelitian, meningkatnya keaktifan siswa yang meliputi aspek: 1) siswa menjawab pertanyaan, sebelum tindakan 7,5 %, putaran I 20 %, putaran II 32,5 %, dan diakhir putaran mencapai 47,5 %; 2) siswa mengajukan pertanyaan, sebelum tindakan 10 %, putaran I 30 %, putaran II 50 %, dan diakhir putaran mencapai 60 %; 3) siswa berani maju ke depan kelas, sebelum tindakan 17,5 %, putaran I 27,5 %, putaran II 40 % dan diakhir putaran mencapai 55 %; 4) siswa mengkomunikasikan ide kepada teman, sebelum tindakan 12,5 %, putaran I 37,5 %, putaran II 52,5 % dan diakhir putaran mencapai 65 %; 5) siswa menyanggah atau menyetujui ide teman, sebelum tindakan 10 %, putaran I 17,5 %, putaran II 25 %, dan diakhir putaran mencapai 45 %. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran TTW dengan menggunakan LKS dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, TTW, keaktifan siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 09:14
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7258

Actions (login required)

View Item View Item