PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010)

VERANITA , AYU (2010) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTIONS AND GETTING ANSWER UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA (PTK di Kelas VII Semester II SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060167.PDF

Download (69kB)
[img] PDF
A410060167.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (872kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika dan prestasi belajar siswa melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer pada pokok bahasan himpunan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 2 Kartasura yang berjumlah 42 siswa dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang dibantu guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan melalui strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer. Hal ini dapat dilihat dari 1) aktivitas siswa dalam menjawab pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 11,90%, dan di akhir tindakan mencapai 30,77%, 2) aktivitas siswa dalam mengajukan pertanyaan sebelum diadakan tindakan sebesar 7,14%, dan di akhir tindakan mencapai 38,46%, 3) aktivitas siswa dalam mengemukakan pendapat sebelum diadakan tindakan sebesar 4,76%, dan di akhir tindakan mencapai 30,77%, 4) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal ke depan kelas sebelum diadakan tindakan sebesar 19,04%, dan di akhir tindakan mencapai 35,89%, 5) aktivitas siswa dalam mengerjakan soal-soal latihan yang diberikan oleh guru sebelum diadakan tindakan sebesar 95,24%, dan di akhir tindakan mencapai 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada prestasi belajar siswa. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan maksimum (KKM) sebesar 73,81%, dan di akhir tindakan mencapai 84,62%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran aktif tipe giving questions and getting answer dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan himpunan dapat meningkatkan aktivitas siswa sehingga berdampak pada prestasi belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran, giving questions and getting answer, aktivitas siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 08:43
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7248

Actions (login required)

View Item View Item