PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE CIRC(COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN TTW (THINK-TALK-WRITE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta)

RUMIYATI , RUMIYATI (2010) PENGARUH METODE KOOPERATIF TIPE CIRC(COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DAN TTW (THINK-TALK-WRITE) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DITINJAU DARI KEAKTIFAN BELAJAR SISWA (Kelas VII Semester 2 SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060134.PDF

Download (133kB)
[img] PDF
A410060134.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (875kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengaruh penggunaan metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta yang berjumlah 323 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 71 siswa, yang terdiri dari 35 siswa sebagai kelas eksperimen dan 36 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster sampling dengan cara undian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, metode dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, yang sebelumnya menggunakan uji prasyarat analisis yang menggunakan metode liliefors untuk uji normalitas dan metode bartlet untuk uji homogenitas. Dari hasil analisis data dengan taraf signifikasi 5% dipenuhi bahwa: (1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika dengan , (2) Terdapat pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan , (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika dengan .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Keaktifan, Prestasi Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 08:21
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7244

Actions (login required)

View Item View Item