PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X Semester II SMA Widya Wacana Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010)

FEBIANTO , ADI NUGROHO (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BANGUN RUANG (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas X Semester II SMA Widya Wacana Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060126.PDF

Download (72kB)
[img] PDF
A410060126.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan pemahaman konsep bangun ruang dan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas X D SMA Widya Wacana Surakarta yang berjumlah 17 orang, sedangkan pemberi tindakan adalah guru matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1. Adanya peningkatan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik, hal ini dapat dilihat dari a) siswa dapat membedakan contoh dan non contoh sebelum tindakan sebesar 11,76%, pada putaran I sebesar 11,76%, pada putaran II sebesar 23,52%, pada putaran III mencapai 41,17% b) siswa memahami permasalahan sebelum tindakan sebesar 23,52%, pada putaran I sebesar 23,52%, pada putaran II sebesar 29,41%, pada putaran III mencapai 64,46% c) siswa mengetahui cara menyelesaikan permasalahan sebelum tindakan sebesar 11,76%, pada putaran I sebesar 17,64%, pada putaran II sebesar 29,41%, pada putaran III mencapai 70,58% d) siswa dapat menyatakan ulang konsep yang telah diajarkan sebelum tindakan sebesar 5,88%, pada putaran I sebesar 17,64%, pada putaran II sebesar 35,29%, pada putaran III mencapai 82,35%. Dan 2. Adanya peningkatan prestasi belajar siswa melalui penerapan pembelajaran matematika realistik, hal ini terlihat dari hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian. Sebelum adanya tindakan prestasi belajar siswa mencapai 52,94%, pada putaran I hanya mencapai 35,29%, pada putaran II mencapai 58,82%, pada putaran III mencapai 88,23%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: matematika_realistik, pemahaman_konsep, prestasi_belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 07:54
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7241

Actions (login required)

View Item View Item