NURHADINA , SOFI (2010) PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA MELALUI METODE COOPERATIVE LEARNING TIPE COOPERATIVE SCRIPT (PTK Pada Siswa Kelas VII Semester II SMP Negeri 1 Juwiring). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
A410060054.PDF Download (90kB) |
|
PDF
A410060054.PDF Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan dan mendeskripsikan aktivitas belajar siswa pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang dalam pembelajaran matematika melalui metode cooperative learning tipe cooperative script. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Juwiring yang berjumlah 38 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan review. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar matematika pada pokok bahasan persegi dan persegi panjang. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya siswa yang 1) mengemukakan pendapat sebelum tindakan 10,53% dan setelah tindakan 50%, 2) mengajukan pertanyaan sebelum tindakan 13,16 % dan setelah tindakan 52,63%, 3) mengerjakan soal latihan di depan kelas sebelum tindakan 13,16% dan setelah tindakan 65,79% ,4) mengerjakan tugas rumah sebelum tindakan 57,89% dan setelah tindakan 94,73%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode cooperative learning tipe cooperative script dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam belajar matematika.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas, cooperative learning tipe cooperative script |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 1504 not found. |
Date Deposited: | 02 Jun 2010 07:36 |
Last Modified: | 13 Nov 2010 05:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7237 |
Actions (login required)
View Item |