PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA(PTK di SMP Negeri 1 Teras, Boyolali kelas VII Semester II)

Putri, Rofi Perdani (2010) PENERAPAN STRATEGI STUDENT TEAMS – ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA(PTK di SMP Negeri 1 Teras, Boyolali kelas VII Semester II). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410060001.PDF

Download (131kB)
[img] PDF
A410060001.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika melalui penerapan strategi Student Teams–Achievement Division (STAD). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif yang terjadi dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah melalui penerapan strategi STAD pokok bahasan himpunan bagian 1) Aspek keaktifan: (a) keaktifan mengajukan pertanyaan dengan tepat sebelum tindakan 11,11% dan setelah tindakan 58,33%, (b) keaktifan mengerjakan soal di depan kelas secara tepat sebelum tindakan 13,89% dan setelah tindakan 50%, (c) keaktifan menjawab pertanyaan sebelum tindakan 19,44% dan setelah tindakan 61,11%, dan (d) keaktifan mengemukakan ide/gagasan sebelum tindakan 8,33% dan setelah tindakan 55,56%, 2) Aspek motivasi: (a) keantusiasan siswa untuk belajar dan mengerjakan tugas dengan tepat sebelum tindakan 44,44% dan setelah tindakan 83,33%, (b) perasaan senang siswa terhadap matematika dan gurunya secara tepat sebelum tindakan 50% dan setelah tindakan 80,56%, (c) semangat belajar agar dapat berprestasi sebelum tindakan 41,67% dan setelah tindakan 77,78%, dan (d) tercapainya KKM secara tepat sebelum tindakan 58,33% dan setelah tindakan 86,11%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi STAD dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, keaktifan, motivasi, pembelajaran.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 02 Jun 2010 05:25
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7225

Actions (login required)

View Item View Item