UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN CARA BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA SMP ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII A di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Pokok Bahasan Bilangan Pecahan )

MATHOPANI , RISTIANTO ANNA (2009) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN CARA BERPIKIR KRITIS SISWA MELALUI METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA SMP ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VII A di SMP Muhammadiyah 8 Surakarta Pokok Bahasan Bilangan Pecahan ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050210.PDF

Download (63kB)
[img] PDF
A410050210.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan metode pembelajaran Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran Matematika pada siswa SMP kelas VII guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan cara berpikir kritis siswa pada pokok bahasan bilangan pecahan. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VIIA SMP Muhammadiyah 8 Surakarta yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan cara berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan pecahan. Hal ini dapat dilihat dari : 1. Keaktifan siswa dalam bertanya sebelum tindakan 21,87%, setelah tindakan menjadi 50%, 2. Kemauan siswa untuk mengerjakan latihan soal di depan kelas sebelum tindakan 9,37%, setelah tindakan menjadi 59,37%, 3. Kemauan siswa mengerjakan PR sebelum tindakan 62,5%, setelah tindakan menjadi 100%, 4. Kemampuan siswa dalam menentukan masalah sebelum tindakan 43,75%, setelah tindakan menjadi 78,12%, 5. Kemampuan siswa dalam menentukan solusi yang digunakan sebelum tindakan 46,87%, setelah tindakan menjadi 75%, 6. Kemampuan siswa dalam menentukan hasil yang dicari sebelum tindakan 43,75%, setelah tindakan menjadi 71,87%, 7. Kemampuan siswa memberikan kesimpulan yang valid sebelum tindakan 43,75%, setelah tindakan menjadi 68,75%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran contextual teaching and learning dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan pemahaman konsep dan cara berpikir kritis siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman-konsep, berpikir-kritis, pecahan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 09:37
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7216

Actions (login required)

View Item View Item