MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING)

Widyanarko, Sigit (2008) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBALIK (RECIPROCAL TEACHING). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030089.pdf

Download (269kB)
[img] PDF
A410030089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemecahan masalah matematika yang berupa kemampuan siswa memahami masalah, mengerjakan soal beserta langkah pemecahan masalahnya, serta keaktifan siswa dalam maju ke depan kelas mengerjakan soal matematika. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Muhammadiyah Al Kautsar, Gumpang, Kartasura yang berjumlah 11 siswa. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, catatan lapangan dan review. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti, guru matematika kelas V dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaksi. Data dianalisis sejak awal tindakan pembelajaran yang dilakukan selama tiga putaran. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa peningkatan kemampuan siswa memahami masalah matematika meningkat yang ditunjukkan pada putaran I sebanyak 4 siswa (36,36%), pada putaran II sebanyak 5 siswa (45,45%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 6 siswa (54,54%); mengerjakan soal sesuai dengan langkah pemecahan masalah pada putaran I sebanyak 3 siswa (27,27%), pada putaran II sebanyak 4 siswa (36,36%) dan pada putaran III meningkat sebanyak 7 siswa (63,63%); maju ke depan kelas mengerjakan soal matematika pada putaran I sebanyak 2 siswa (18,18%), pada putaran II sebanyak 4 siswa (36,36%) dan pada putaran III meningkat sebanyak 7 siswa (63,63%). Hasil belajar dalam mengerjakan soal dengan benar pada putaran I sebanyak 4 siswa (36,36%), pada putaran II sebanyak 5 siswa (45,45%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 7 siswa (63,63%); menyusun pemecahan masalah pada putaran I sebanyak 4 siswa (36,36%), pada putaran II sebanyak 6 siswa (54,54%), dan pada putaran III meningkat sebanyak 7 siswa (63,63%). Kesimpulan penelitian yaitu bahwa penggunaan model pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching) dalam matematika dapat meningkatkan kemampuan memecahkan masalah matematika dan meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemecahan masalah matematika, pembelajaran berbalik (Reciprocal Teaching)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 08:00
Last Modified: 31 Jan 2011 06:40
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/721

Actions (login required)

View Item View Item