PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SUKOHARJO

Setyawan, Agung (2010) PEMBELAJARAN MODEL ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS VII SMP NEGERI 3 SUKOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050106.PDF

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF
A410050106.PDF

Download (597kB)
[img] PDF
A410050106.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (597kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendiskripsikan peningkatan hasil belajar matematika siswa SMP dengan model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep, (2) Mengetahui respon siswa tentang pembelajaran matematika dengan model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII F SMP Nergeri 3 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksanaan adalah guru matematika dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, dan tes. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang digunakan adalah metode alur yang meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya (1) Perhatian siswa dalam pembelajaran matematka sebelum tindakan sebesar 27,78% pada akhir putaran mencapai 83,33%, (2) Kemauan siswa dalam pembelajaran matematika sebelum tindakan sebesar 30,56% pada akhir putaran mencapai 91,16%, (3) Konsentrasi siswa dalam pembelajaran matematika sebelum tindakan sebesar 22,22% pada akhir putaran mencapai 77,78%, (4) Kesadaran siswa dalam pembelajaran matematika sebelum tindakan sebesar 25% pada akhir putaran mencapai 80,56% dan (5) Hasil belajar matematika sebelum tindakan sebesar 52,77% pada tes akhir mencapai 86,11%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan respon yang baik dari siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep dapat meningkatkan hasil belajar matematika dan mendapat respon yang baik dari siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar matematika, Advance organizer dengan peta konsep
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:26
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7204

Actions (login required)

View Item View Item