UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK di Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Surakarta)

ROSMAWATI , NENENG (2010) UPAYA MEMINIMALISASIKAN KESULITAN BELAJAR SISWA MELALUI PENGAJARAN REMEDIAL DENGAN STRATEGI ACTIVE KNOWLEDGE SHARING (PTK di Kelas X SMK Muhammadiyah 3 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050085.PDF

Download (160kB)
[img] PDF
A410050085.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meminimalisasikan kesulitan belajar siswa kelas X TKJ B dan untuk mengeatahui siswa yang tuntas atau berhasil dalam menguasai pelajaran matematika pada pokok bahasan bilangan bentuk akar. Subyek pemberi tindakan penelitian ini adalah peneliti dan guru matematika, penerima tindakan adalah 39 siswa kelas X TKJ B. Pengumpulan data pada penelitian dilakukan dengan observasi, catatan lapangan, review, dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan secara diskriptif kualitatif. Analisis diskriptif kualitatif dilaksanakan dengan melalui alur. Data dianalisis sejak tindakan pembelajaran, setiap tindakan selama tiga putaran. Hasil penelitian adalah berkurangnya kesulitan belajar siswa melalui pengajaran remedial dengan strategi active knowledge sharing. Adapun kesulitan siswa ditinjau dari aspek konsep dari 27 siswa (71,79%)sebelum tindakan, pada putaran I berkurang menjadi 24 siswa (61,54%), putaran II berkurang menjadi 15 siswa (38,46%), pada putaran III berkurang menjadi 9 siswa (23,08%). Kesulitan siswa ditinjau dari aspek prasyarat (siswa yang tuntas atau berhasil dalam menguasai pelajaran matematika) sebelum penelitian sebanyak 23 siswa (58,97%), pada putaran I berkurang menjadi 20 siswa (51,28%), pada putaran II berkurang menjadi 12 siswa (30,76%), pada putaran III berkurang menjadi 8 siswa (20,51%). Siswa yang tuntas atau berhasil dalam menguasai pelajaran matematika, sebelum penelitian 10 siswa (25,64%), pada putaran I menjadi 16 siswa (41,03%), pada putaran II menjadi 25 siswa (64,10%), pada putaran III menjadi 30 siswa (76,93%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa melalui pengajaran remedial dengan strategi active knowledge sharing dapat meminimalisasikan kesulitan belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Remedial, strategi active knowledge sharing, kesulitan belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 01 Jun 2010 08:07
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7199

Actions (login required)

View Item View Item