Santoso, Tri and -, Dr. Atiqa Sabardila, M.Hum and -, Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.M., M.Hum. (2019) Pemetaan Tema, Pendidikan Karakter, Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
This is the latest version of this item.
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Publikasi Ilmiah)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (BAB I)
BAB I.pdf Download (308kB) |
|
PDF (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (444kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) | Request a copy |
|
PDF (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (413kB) | Request a copy |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
|
PDF (Surat Pernyataan)
PERNYATAAN UNTUK UNGGAH.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tema, nilai pendidikan karakter, dan keterampilan berbahasa merupakan materi yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA kurikulum 2013. Tujuan dalam penelitian ini yakni mendeskripsikan distribusi tema, muatan pendidikan karakter, dan keterampilan berbahasa yang terdapat dalam buku teks Bahasa Indonesia kelas X SMA edisi 2014 dan 2017. Sumber data dalam penelitian ini berupa dokumen tertulis yang berwujud wacana yang terdapat dalam buku teks BI. Adapun data dalam penelitian ini berupa kata, frasa, klausa, kalimat, dan paragraf yang akan dianalisis pemetaan tema, pendidikan karakter, dan muatan keterampilan berbahasa. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik simak-catat. Metode analisis data menggunakan metode padan (padan referensial) dan agih (teknik dasar bagi unsur langsung, dan teknik lanjutan ubah ujud, dan ganti). Ada tiga hasil pada penelitian ini. Satu, diperoleh 6 tema pada Buku Teks Bahasa Indonesia K13 edisi 2014. Adapun pada edisi 2017 terdapat 8 tema. Dua, muatan nilai pendidikan karakter yang ditemukan pada edisi 2014 sejumlah 24 nilai pendidikan karakter. Adapun pada edisi 2017 ditemukan sejumlah 25 nilai pendidikan karakter. Tiga, keterampilan berbahasa yang ditemukan pada buku edisi 2014 yaitu berbicara, membaca, menulis, berbicara-menyimak, membaca-berbicara-menyimak, membaca- menyimak, dan membaca-menulis. Adapun pada edisi 2017 ditemukan keterampilan menyimak, berbicara, membaca, menulis, membaca-berbicara, dan membaca-menulis.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | buku teks, tema, nilai pendidikan karakter, keterampilan berbahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Pengkajian Bahasa |
Depositing User: | TRI SANTOSO |
Date Deposited: | 02 Apr 2019 07:56 |
Last Modified: | 02 Apr 2019 07:56 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71974 |
Available Versions of this Item
- Pemetaan Tema, Pendidikan Karakter, Dan Keterampilan Berbahasa Dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas X SMA. (deposited 02 Apr 2019 07:56) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |