PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA (Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Surakarta)

SATRIO W , FAJRI (2009) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI KEAKTIFAN SISWA (Eksperimen Siswa Kelas VII SMP Negeri 19 Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410050053.PDF

Download (179kB)
[img] PDF
A410050053.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (762kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran cooperative script dan konvensional terhadap kemampuan pemecahan masalah. (2) Untuk menganalisis pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. (3) Untuk menganalisis interaksi antara model pembelajaran cooperative script dan keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimentasi. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 19 Surakarta, sedangkan sampel diambil 72 siswa yang terbagi dua kelas, yaitu 36 siswa untuk kelas eksperimen dan 36 siswa untuk kelas kontrol, dengan teknik pengambilan sampelnya adalah random sampling. Metode pengumpulan datanya adalah metode tes dan angket, sedangkan dokumentasi sebagai metode bantu. Data keaktifan siswa diambil dari nilai angket. Data kemampuan pemecahan masalah siswa diambil dengan metode tes. Persyaratan uji analisis dilakukan dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur. Hasil penelitian menggunakan α = 5% menunjukkan (1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah antara siswa yang diberi model pembelajaran cooperative script dan metode pembelajaran konvensional dengan nilai signifikansi. 0,003 < 0,05 (2) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika yang signifikan pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel ditinjau dari keaktifan, dengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05 dan (3) Tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran yang digunakan dengan tingkat keaktifan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel, dengan nilai signifikansi 0,552 > 0,05.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: cooperative script, keaktifan dan kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2010 09:26
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7193

Actions (login required)

View Item View Item