UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME POKOK BAHASAN BANGUN RUANG ( PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Colomadu Kelas IX )

WARDANI , INDERASWARI ASIH (2009) UPAYA PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME POKOK BAHASAN BANGUN RUANG ( PTK Pembelajaran Matematika di SMP Negeri 3 Colomadu Kelas IX ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A410040200.PDF

Download (140kB)
[img] PDF
A410040200.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada penigkatan pemahaman konsep siswa pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung dan prestasi belajar siswa melalui pembelajaran konstruktivisme. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IX B SMP Negeri 3 Colomadu yang berjumlah 40 siswa, sedangkan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti, dan guru matematika sebagai subyek yang membantu pelaksanaan tindakan. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, metode tes, dan dokumentasi. Analisa data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan dalam proses pembelajaran matematika melalui pembelajara konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa yang meliputi: 1) keaktifan bertanya siswa sebelum diadakan tindakan 0% meningkat sebesar 70%, 2) keaktifan mengemukakan ide dari 22,5% meningkat sampai 47,5%, 3) keaktifan mengerjakan soal ke depan sebelum tindakan 27,5%, dan setelah tindakan sebesar 72,5%, 4) kreativitas menyimpulkan materi meningkat dari sebelum tindakan 42,5% meningkat menjadi 72,5%, 5) kemandirian mengerjakan soal siswa meningkat dari 62,5%, meningkat menjadi 77,5%, 6) prestasi hasil belajar siswa dari 49,08% meningkat sampai 86,42%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa melalui pembelajaran konstruktivisme dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, pembelajaran matematika, pembelajaran konstruktivisme
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 1504 not found.
Date Deposited: 31 May 2010 08:44
Last Modified: 13 Nov 2010 05:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7186

Actions (login required)

View Item View Item