PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PELAYANAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO

ZUNAN, : BAKTIYAR (2005) PENGARUH KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP PELAYANAN MASYARAKAT DI KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
HALAMAN_MUKA.pdf

Download (105kB)
[img] PDF
P100990222_Baktiyar_Zunan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) menganalisis pengaruh dari faktor intern dan fakator ekstern dari kualitas pegawai desa atau kelurahan di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo terhadap pelayanan kepada masyarakat; 2) Mengetahui faktor intern dan faktor ekstern dari kualitas pegawai yang paling dominan mempengaruhi pelayanan kepada masyarakat. Obyek penelitian adalah semua pegawai di desa atau kelurahan sekecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo yang minimal sudah dua tahun menjadi pegawai tetap. Alat yang digunakan dalam penelitian ini adalah regrasi logistik. kelebihan regresi logistik ini adalah 1) regresi logistik tidak memiliki asumsi normalitas atas variabel bebas yang digunakan dalam model. Artinya, variabel penjelas tidak harus memiliki distribusi normal, linear, memiliki varian yang sama dalam setiap grup; 2) variabel-variabel prediktor dalam regresi logistik, bias merupakan campuran dari variabel kontinyu, diskrit, dan dikotomis; dan 3) regresi logistik sangat bermanfaat digunakan apabila distribusi respon atas variabel hasil diharapkan non linier dengan satu atau lebih variabel prediktor. Berdasarkan hasil analisis diperoleh nilai -2LL sebesar 30,253. Derajat kebebasan (df) n-q (72-2) = 70, diketahui 2 tabel = 90,5312. Penentuan ketepatan model berdasarkan asumsi di atas maka model dinilai fit/ sesuai dengan data karena -2LL=30,253 < 2 tabel=90,5312. Interprestasi Analisis Regresi Logistik menunjukkan nilai koefisien b1, b2, dan konstanta sebesar 0,043;0,159; dan nilai konstanta -17,910. Karena tanda b1, dan b2 positif maka semakin besar X, semakin besar juga odds = log probabilitas Y terjadi dibagi probabilitas tak terjadi. Berdasarkan analisis nilai wald untuk variabel faktor individual (X1) = 5,058 dengan signifikansi 0,048 atau 4,8 persen. Ini berarti kemungkinan menerima Ho sebesar 4,8 persen dan kemungkinan menerima Ha 95,2 persen, dengan kata lain pengaruh faktor individual (X1) terhadap variabel logistik mutu pelayanan (Y) signifikan pada  = 10%; nilai wald untuk variabel faktor sosial dan organisasi (X2) = 6,279 dengan signifikansi 0,052 atau 5,2 persen. Ini berarti kemungkinan menerima Ho sebesar 5,2 persen dan kemungkinan menerima Ha 94,8 persen, dengan kata lain pengaruh faktor sosial dan organisasi (X2) terhadap variabel logistik mutu pelayanan (Y) signifikan pada  = 10%. Berdasarkan uji regresi logistik diperoleh nilai Nagelkerke R2 sebesar 0,785. Sebagaimana R2 dalam metode OLS, bahwa dengan nilai Nagelkerke R2 sebesar 78,5 persen artinya variabel faktor individual (X1) dan variabel faktos sosial dan organisasi (X2) dapat menjelaskan variasi mutu pelayanan pegawai Kantor Kecamatan Kartasura sebesar 78,5 persen. ABSTRACT This research investigation about: 1) analysing influence from factor of intern and factor ekstern from quality of officer of countryside or chief of village in subdistrict of Kartasura of regency Sukoharjo to service to society 2) knowing factor of intern and factor ekstern from most dominant officer quality influence the service to society. Obyek research is all officer countryside or chief of village minimum subdistrict Kartasura regency Sukoharjo have two year become jobholder. Appliance used in this research is regrasi logistics. This excess regression logistics is 1) regression logistics do not own the assumption normalitas for free variable used in model. Its meaning, variable penjelas do not have to own the normal distribution, linear, owning same variant in each;every grup 2) variable prediktor in regression logistics, deflect to represent the mixture from variable continou, diskrit, and dikotomis; and 3) regression logistics very is useful used by if distribution respon for variable of result of expected by the non linear with one or more variable prediktor. Pursuant to result analyse obtained by value - 2LL equal to 30,253. Degree of freedom ( df) n-q ( 72-2) = 70, known (2 tables = 90,5312). Accuracy determination model pursuant to above assumption hence model assessed by the fit according to data because - 2LL=30,253 < ( 2 table=90,5312. Interprestasi analyse the regression logistics show the value of coefficient b1, b2, and konstanta of equal to 0,043;0,159; and assess the konstanta - 17,910. Because sign b1, and ever greater positive b2 hence X, ever greater also odds = logarithm of probabilitas Y happened to be divided by probabilitas do not be happened. Pursuant to analysis assess the wald for the variable of individual factor ( X1) = 5,058 by significantsi 0,048 or 4,8 gratuity. This means possibility accept the Ho of equal to 4,8 gratuity and possibility accept Ha 95,2 gratuity, equally individual factor influence ( X1) to logistics variable of quality of service (Y) Significant of at = 10%; value wald for the variable of organizational and social factor (X2) = 6,279 by significantsi 0,052 or 5,2 gratuity. This means possibility accept the Ho of equal to 5,2 gratuity and possibility accept Ha 94,8 gratuity, equally organizational and social factor influence ( X2) to logistics variable of quality of service ( Y) significant of at = 10%. Pursuant to test of regression logistics obtained by value of Nagelkerke R2 of equal to 0,785. As R2 in method OLS, that with the value of Nagelkerke R2 of equal to its 78,5 meaning gratuity is individual factor variable (X1) and organizational and social variable factor (X2) can explain the variation of of quality of service of officer of Office of Subdistrict Kartasura of equal to 78,5 gratuity.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kualitas SDM pengaruhnya dengan pelayanan masyarakat,
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 25 May 2010 08:33
Last Modified: 15 Nov 2010 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7146

Actions (login required)

View Item View Item