MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI BELAJAR DALAM KELOMPOK KECIL (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 2 Purwodadi)

Haryaningsih, Sri Ika (2008) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA SMP MELALUI BELAJAR DALAM KELOMPOK KECIL (PTK Pembelajaran Matematika di Kelas VIII SMP N 2 Purwodadi). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410030044.pdf

Download (222kB)
[img] PDF
A410030044.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui proses pembelajaran matematika melalui belajar dalam kelompok kecil. 2) Mengetahui pengembangan kemampuan komunikasi dalam pemecahan masalah matematika. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC SMPN II Purwodadi yang berjumlah 44 siswa, sebagai pelaksana adalah peneliti yang dibantu oleh guru kelas VIIIC SMPN II Purwodadi, dan kepala sekolah. Data dikumpulkan melalui metode observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Proses pembelajaran matematika melalui belajar dalam kelompok kecil yaitu: membuat kelompok belajar, menentukan langkah – langkah penekanan program yang berbasis belajar dalam kelompok kecil, dan menentukan gambaran kegiatan tahap demi tahap. 2) Adanya peningkatan kemampuan komunikasi siswa dalam pemecahan masalah matematika meliputi: a) Mengajukan ide sebelum dikenai tindakan sebesar 18,18 %, dan pada putaran terakhir mencapai 75 %; b) Memberikan komentar sebelum dikenai tindakan sebesar 4,54 %, dan pada putaran terakhir mencapai 65,90 %; c) Mampu bertanya sebelum dikenai tindakan sebesar 13,63 % dan pada putaran terakhir mencapai 68,18 %; d) Menyetujui ide sebelum dikenai tindakan sebesar 22,72 %, dan pada putaran terakhir sebesar 79,54 %. Dengan demikian kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan metode belajar dalam kelompok kecil dapat mengembangkan kemampuan komunikasi siswa dalam pemecahan masalah matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, pemecahan masalah, kelompok kecil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Dec 2008 03:51
Last Modified: 31 Jan 2011 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item