Fidusia sebagai Jaminan dalam Pembiayaan Pembelian Kendaraan Bermotor, Tinjauan terhadap Tanggungjawab Hukum Para Pihak (Studi Kasus di PT Astra Sedaya Finance)

Adi, Yanuar Kurnia and , Septarina Budiwati, S.H., M.H. (2019) Fidusia sebagai Jaminan dalam Pembiayaan Pembelian Kendaraan Bermotor, Tinjauan terhadap Tanggungjawab Hukum Para Pihak (Studi Kasus di PT Astra Sedaya Finance). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASPUB baru.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN BARU.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (318kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Surat Pernyataan Publikasi)
SURAT PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB)

Abstract

“Fidusia Sebagai Jaminan Dalam Pembiayaan Pembelian Kendaraan Bermotor, Tinjauan Terhadap Tanggungjawab Hukum Para Pihak (Studi Kasus Di PT. Astra Sedaya Finance Di Surakarta)”, Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Surakarta 2018. Tujuan yang ingin dicapai penulis setelah melakukan penelitian berdasarkan permasalahan adalah: a) Untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana konstruksi perjanjian pembiayaan pembelian kendaraan bermotor dengan jaminan fidusia di PT Astra Sedaya Finance di Surakarta; b) Untuk mengetahui tanggung jawab hukum para pihak dalam perjanjian pembiayaan pembelian kendaraan bermotor dengan jaminan fidusia di di PT Astra Sedaya Finance di Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Hukum Normatif yaitu dengan membahas doktrin-doktrin atau asas dalam ilmu hukum. Penulisan melakukan penelitian yang bersifat diskriftif yaitu bersifat menjelaskan suatu keadaan atau peristiwa saja dalam hal yang bersumber dari undang-undang maupun buku-buku dan yang terjadi dalam praktek fidusia sebagai jaminan pembiayan pembelian kendaraan bermotor yang ditinjau dari tanggung jawab para pihak. Hasil Penelitian adalah Proses dalam pengajuan pembiayaan harus sesuai dengan standar operasional perusahan, diantaranya yaitu: a) Pihak salesman dari dealer/showroom datang langsung ke PT. Astra Sedaya Finance Surakarta untuk menyerahkan aplikasi dan persyaratan yang telah dilengkapi oleh calon debitur; b) Pihak dealer/showroom mengirim fax kepada PT. Astra Sedaya Finance Surakarta, yang berisi aplikasi dan persyaratan yang telah dilengkapi oleh calon debitur; c) Aplikasi dan persyaratan yang telah dilengkapi oleh calon debitur diambil oleh pihak PT. Astra Sedaya Finance Surakarta ke dealer/showroom yang bersangkutan. Adapun aplikasi dan persyaratan yang harus dipenuhi calon debitur dalam pengajuan pembiayaan kendaraan bermotor. Setelah semua persyaratan dipenuhi, maka permohonan pembiayan diajukan ke Dealer Service Officer (DSO) PT. Astra Sedaya Finance Surakarta untuk dilakukan proses registrasi. Kemudian data tersebut dimasukkan ke komputer yang dikenal dengan istilah QDQR (Quick Data Quick Review); a) Proses Survey; b) Proses Analisis Pembiayaan; c) Wawancara; d) Keputusan Pengajuan Kembiayaan Konsumen; e) Print Dokumen; f) Validasi Terhadap Pengjuan Pembiayaan; g) Filling Dokumen. Ketentuan mengenai tanggung jawab para pihak terhadap perjanjian leasing dalam pelaksanaannya selain mengikat bagi para pihak dalam perjanjian juga mengikat bagi para ahli waris yang memperoleh hak dan pihak ketiga.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Kendaraan Bermotor, Jaminan Fidusia,Tanggung Jawab, Hukum Para Pihak
Divisions: Fakultas Hukum > Hukum
Depositing User: YANUAR KURNIA ADI
Date Deposited: 14 Feb 2019 07:32
Last Modified: 14 Feb 2019 07:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/71248

Actions (login required)

View Item View Item