PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS VIIA DI SMP NEGERI 1 SUKODONO KABUPATEN SRAGEN

ERNAWATI , ANIK (2010) PENINGKATAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS VIIA DI SMP NEGERI 1 SUKODONO KABUPATEN SRAGEN. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050218.PDF

Download (109kB)
[img] PDF
A310050218.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran berbicara dengan menerapkan metode bercerita pada siswa kelas VIIA SMP Negeri I Sukodono Tahun ajaran 2009/2010. Mengidentifikasi keterampilan berbicara siswa yang meliputi kejelasan isi, lafal atau keruntutan bahasa, Intonasi atau volume suara, dan Ekspresi siswa saat bercerita. Objek penelitian ini adalah kemampuan berbicara yang dilakukan pada waktu bercerita di depan kelas dalam pembelajaran Bahasa Indonesia yang meliputi lafal, intonasi, dan ekspresi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan guru bidang studi dan kepala sekolah dilakukan mulai dialog awal sampai penyimpulan hasil penelitian. Pengamatan atau observasi dilakukan selama tindakan berlangsung. Dokumentasi diambil melalui surat keterangan dari pihak sekolah setelah penelitian ini. Pelaksanaan pembelajaran terbagi menjadi tiga siklus yang terus meningkatkan setiap pelaksanaan pembelajaran guna meningkatkan mutu pembelajaran Bahasa Indonesia. Peneliti dan guru Bahasa Indonesia secara terus menerus menunjang kelancaran penelitian ini. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan keterampilan berbicara siswa yang meliputi peningkatan kualitas proses dalam berbicara dan peningkatan kualitas hasil berbicara dengan metode bercerita pada siswa SMP Negeri I Sukodono Kelas VIIA. Keaktifan peserta didik siklus I dilihat dari aspek kejelasan isi, lafal atau keruntutan bahasa, Intonasi atau volume suara, dan Ekspresi siswa saat bercerita dapat diperoleh nilai rata-rata yaitu 6,3. Siklus II dapat diperoleh nilai rata-rata 7,75. Dan siklus III meningkat dengan nilai rata-rata yaitu 8,125.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbiara, metode bercerita
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 May 2010 07:36
Last Modified: 13 Nov 2010 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7109

Actions (login required)

View Item View Item