PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN  KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI I GEBANG  NGUNTORONADI WONOGIRI 

RAHMAWATININGSIH , RAHMAWATININGSIH  (2010) PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN  KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SD NEGERI I GEBANG  NGUNTORONADI WONOGIRI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050175.PDF

Download (151kB)
[img] PDF
A310050175.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan media gambar berseri dalam rangka meningkatkan: 1) kualitas proses pembelajaran keterampilan menulis narasi dan 2) kualitas hasil pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri I Gebang Nguntoronadi Wonogiri. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri I Gebang Nguntoronadi Wonogiri yang berjumlah 13 siswa dan guru kolaborator yang mengampu mata pelajaran Bahasa. Pelaksanaan penelitian ini dimulai dari survai awal, siklus I, siklus II, dan siklus III. Guru kelas bertindak sebagai fasilitator, mediator, dan motivator. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan tes. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: (1) perencanaan tindakan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) observasi dan interpretasi; dan (4) analisis dan refleksi. Siklus I dan siklus II dilaksanakan selama dua kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) terdapat peningkatan kualitas proses pembelajaran keeterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri I Gebang Nguntoronadi Wonogiri dengan menggunakan media gambar berseri. Peningkatan kualitas proses tercermin dari beberapa indikator sebagai berikut: (1) siswa terlihat aktif dan antusias selama kegiatan belajar mengajar; (2) keberanian siswa untuk tampil di depan kelas secara suka rela dalam membacakan hasil karangannya meningkat dari siklus I sebesar 31%, siklus II sebesar 69%, dan siklus III sebesar 84%. Dan 2) terdapat peningkatan kualitas hasil pembelajaran keterampilan menulis narasi siswa kelas V SD Negeri I Gebang Nguntoronadi Wonogiri dengan menggunakan media gambar berseri. Peningkatan kualitas hasil tergambar dari beberapa indikator berikut ini: (1) kemampuan menggunakan ejaan yang tepat meningkat dari siklus I, II, dan III; (2) kemampuan menerapkan kohesi yang etpat meningkat dari siklus I, II, dan III; (3) kemampuan menerapkan koherensi yang tepat meningkat dari siklus I, II, dan III; dan (4) kemampuan mengarang cerita secara logis meningkat dari siklus I sebesar 61%, siklus II sebesar 69%, dan siklus III 84%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: gambar berseri, narasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 May 2010 07:15
Last Modified: 13 Nov 2010 05:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7104

Actions (login required)

View Item View Item