PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI A SMKN 1 SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009

KUMALASARI, DEVI (2010) PEMBELAJARAN MENULIS PUISI SISWA KELAS XI A SMKN 1 SAWIT KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310050019.PDF

Download (35kB)
[img] PDF
A310050019.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas XIA SMKN ! Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009; 2) Mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas XIA SMKN 1 Sawit Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2008/2009. Metode yang digunakan adalah jenis penelitian deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah pembelajaranm menulis puisi. Kemudian teknik pengumpulan datanya berupa teknik observasi, teknik wawancara, teknik tes. Metode analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil yang didapat dalam penelitian ini adalah: 1) Proses pembelajaran menulis puisi siswa kelas XIA SMKN 1 Sawit Kabupaten Boyolali yaitu proses pembelajaran menulis puisi urutan yang digunakan oleh guru adalah kegiatan pendahuluan, kegiotan inti, dan kegiatan penutup. Kegiatan pendahuluan yaitu guru memasuki ruang kelas, guru mngucapakan salam dan mengabsen kehadiran siswa, guru memulai pembelajaran menulis puisi Sub puisi dengan meminta siswa untuk membuka buku paket Bahasa Indonesia, guru menyampaikan apersepsi dengan menanyakan tentang pengalaman siswa dalam menulis puisi. Kegiatan inti mencakup guru menerangkan tentang pengertian menulis puisi, memberikan contoh puisi, menjelaskan struktur puisi, menganalisis puisi, dan melakukan evaluasi. Kegiatan penutup diisi oleh guru melakukan refleksi terhadap pembelajaran menulis puisi, memberikan pekerjaan rumah kepada siswa, mengakhiri salam; 2) Kemampuan menulis puisi siswa kelas XIA SMKN 1 Sawit Kabupaten Boyolai yaitu kemampuan menulis puisi ini diukur berdasarkan struktur puisi sebagaimana paparan materi yang disampaikan di kelas. Adapun kriterinya adalah: diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, dan versifikasi. Dari penilaian didapat nilai tertinggi pada hasil puisi karya Cahya dengan judul Retaknya Bulan Cinta dengan perolehan nilai masing-masing adalah untuk diksi 22, imaji 12, kata konkret 25, bahasa figuratif 13 dan versifikasi 12 total perolehan nilainya 84.Adapun untuk perolehan nilai terrendah didapat pada karya Aminah dengan judul Setulus Hati dengan total yang didapat adalah nilai 56.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, menulis puisi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 May 2010 09:25
Last Modified: 20 Oct 2011 06:07
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7082

Actions (login required)

View Item View Item