PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TANDA BACA DALAM PARAGRAF NARASI DENGAN METODE BERLATIH MENULIS KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO, BOYOLALI

Prabowo , Nur Rochman (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGGUNAKAN TANDA BACA DALAM PARAGRAF NARASI DENGAN METODE BERLATIH MENULIS KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 7 BANYUDONO, BOYOLALI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310040081.PDF

Download (1MB)
[img] PDF
A310040081.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang penggunaan tanda baca titik pada karangan narasi dengan metode berlatih menulis kelompok pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono, penggunaan tanda baca koma pada karangan narasi dengan metode berlatih menulis kelompok pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono, dan peningkatan kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca (titik dan koma) pada karangan narasi dengan metode berlatih menulis kelompok pada siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Bentuk penelitian ini adalah kualitatif yang bersifat deskriptif, sedangkan jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data dalam penelitian ini adalah karangan narasi siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP Muhammadiyah 7 Banyudono. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi atau pengamatan, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode padan dengan teknik pilah unsur penentu. Hasil penelitian setelah penerapan metode berlatih menulis kelompok: (1) Penggunaan tanda baca titik pada karangan narasi sudah baik; (2) Penggunaan tanda baca koma pada karangan narasi sudah baik; (3) Kemampuan siswa dalam menggunakan tanda baca (titik, koma) pada karangan narasi dengan metode berlatih menulis kelompok mengalami peningkatan. Peningkatan itu bisa dilihat dari persentase jumlah karangan narasi dengan penggunaan tanda baca titik dan koma yang tepat yaitu dari 60% menjadi 70% pada siklus II, kemudian menjadi 90% pada siklus III.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tanda baca, berlatih menulis kelompok
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 May 2010 08:49
Last Modified: 13 Nov 2010 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7074

Actions (login required)

View Item View Item