PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 SIMO BOYOLALI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI

SURYANTO , FEBRI DWI (2010) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 1 SIMO BOYOLALI DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
A310040080.PDF

Download (27kB)
[img] PDF
A310040080.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)

Abstract

Tujuan Dalam penelitian ini adalah menggambarkan suasana interaksi guru dan siswa dan mendeskripsikan peningkatkan kemampuan menulis eksposisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Simo Boyolali tahun ajaran 2008/2009 melalui pembelajaran dengan metode diskusi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jenis PTK. Pada penelitian tindakan kelas (PTK) ini data dianalisis sejak tindak pembelajaran dilakukan dan dikembangkan selama proses refleksi sampai penyusunan laporan. Untuk kesinambungan dan kedalaman dalam pembelajaran, data dalam penelitian ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan dalam bentuk interaktif dengan proses pengumpulan data selesai tiap unitnya menggunakan waktu yang tersisa dalam penelitian ini. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan tiga putararan. Putaran pertama bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis eksposisi sekaligus menjadi tolok ukur dalam tindakan pada putaran kedua. Dalam putaran 1 dapat dilihat bahwa siswa kurang bersemangat untuk mengikuti pelajaran, guru berusaha mencairkan suasana dengan mengajak bercerita sebelum memberikan tugas yang akan dibuat oleh siswa. Komunikasi antara guru dan siswa kurang terjalin dengan bagus, sebagian siswa terlihat terpaksa dalam mengerjakan tugas membuat karangan eksposisi yang diberikan oleh guru, dan sebagian besar siswa selesai mengerjakan tugas sebelum waktu yang diberikan habis. Pelaksanaan tindakan lanjutan pada putaran II bertujuan untuk mencapai hasil belajar yang lebih baik dari putaran I. Perkembangan hasil sudah ditunjukkan oleh siswa dengan jumlah paragraf pada karangan yang lebih banyak. Keaktifan siswa pun sudah lebih baik dibanding dengan putaran satu dengan ditandai dengan jumlah siswa yang aktif dalam pembelajaran lebih banyak. akan tetapi hal tersebut belum sesuai dengan tujuan pelaksanaan tindakan. Masih ada beberapa siswa yang belum menunjukkan perkembangan secara signifkan. Beberapa hasil karangan eksposisi kelompok diskusi masih terdapat kesalahan dalam penggunaan ejaan, penulisan paragraf, dan penulisan kata depan. Pelaksanaan tindakan pada putaran III dapat mencapai target tindakan penelitian. Ketercapaian target ini dapat dilihat dari produk belajar berupa karangan eksposisi yang dibuat oleh siswa secara berkelompok dan proses pembelajaran yang berlangsung. Siswa ketika mengikuti pembelajaran pada putaran III menunjukkan keaktifannya dan dapat menuangkan ide atau gagasannya secara runtut dan menyeluruh.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan, Menulis, Eksposisi, Diskusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 19 May 2010 08:46
Last Modified: 13 Nov 2010 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7073

Actions (login required)

View Item View Item