PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING TRAPESIUM (PTK Kelas VII SMP Negeri 3 Gondangrejo Karanganyar)

Triyatun, Eni (2008) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERNALAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI STRATEGI SCAFFOLDING POKOK BAHASAN LUAS DAN KELILING TRAPESIUM (PTK Kelas VII SMP Negeri 3 Gondangrejo Karanganyar). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
A410040160.pdf

Download (85kB)
[img] PDF
A410040160.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (780kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika dengan strategi scaffolding, (2) untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika siswa dalam pembelajaran matematika melalui strategi scaffolding pada pokok bahasan luas dan keliling trapesium. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A SMP Negeri 3 Gondangrejo Karanganyar tahun 2007/2008 sebanyak 39 siswa, dan subyek pelaksana tindakan adalah peneliti yang berkolaborasi dengan guru mata pelajaran matematika. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dokumentasi dan wawancara. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur meliputi: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengalami peningkatan pertama, kemampuan bernalar siswa dalam pembelajaran matematika dalam hal mengajukan ide/ gagasan pada guru dari 5.13 % menjadi 15.38 %, kemampuan siswa dalam menyajikan soal matematika secara lisan dan tertulis dari 25.64 % menjadi 66.67 %, kemampuan siswa dalam proses perhitungan secara benar dari 41.03 % menjadi 84.61 %. Sedangkan kemampuan siswa dalam memeriksa kembali pekerjaannya dari 35.90 % menjadi 76.92 %. Kedua, rata-rata hasil belajar matematika siswa dari 66.24 menjadi 82.18 yang menunjukkan adanya peningkatan kemampuan matematika siswa. Proses pembelajaran dengan strategi scaffolding berlangsung dengan baik tetapi pemusatan perhatian kepada individu menyebabkan waktu belajar kurang efektif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan_ bernalar, scaffolding
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Dec 2008 04:31
Last Modified: 31 Jan 2011 06:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/706

Actions (login required)

View Item View Item