ANALISA IMPLEMENTASIKRITERIA BALDRIGE ( STUDI  KASUS :  PT  TELKOM  DIVRE IV  JAWA TENGAH  dan  DIY ) 

YULIANA , IRMA (2006) ANALISA IMPLEMENTASIKRITERIA BALDRIGE ( STUDI  KASUS :  PT  TELKOM  DIVRE IV  JAWA TENGAH  dan  DIY ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040124.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
P100040124.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (584kB)

Abstract

Lembaga  pengkaji  daya  saing  negara  –  negara  dunia  dalam  bukunya  IMD WORLD COMPETITIVENESS YEARBOOK 2006  mengidentifikasi  bahwa  posisi  Indonesia  lebih  dekat  dengan  batas bawah dari ranking dunia. Hal  ini merupakan suatu indikator untuk bercermin diri, bahwa ada  sesuatu yang berjalan dengan  tidak semestinya pada kinerja bangsa  ini. Manajemen Kontrol Qualitas  merupakan salah satu cara untuk menganalisanya.  Bisnis, seperti  ’biasa’ penuh dengan  tantangan dan perubahan,  tidak peduli apakah  termasuk  e‐commerce dan  ekonomi  internet, globalisasi,  inovasi  setiap  saat,  outsourcing dan manajemen  rantai  pemasok,  reduksi  biaya  atau  hanya  pemeliharaan  ,  dan  keuntungan  berkompetisi,  maka  Kriteria  Baldrige  dapat  membantu  dalam  mengelolanya.  Lebih  dari  satu  dekade,  Kriteria  Baldrige  telah  digunakan  sebagai  perangkat  oleh  ribuan  organisasi  di U.S.A  untuk  tetap  bertahan  dalam  ketatnya  berkompetisi  sekaligus  meningkatkan  kinerja.  Besar  kecilnya  organisasi  atau  perusahaan,  bergerak  dalam  bidang  jasa maupun manufaktur,  hanya mempunyai  sebuah  kantor  ataupun  banyak  cabang  yang  tersebar  di  seluruh  penjuru  dunia,  kriteria  tersebut  menyediakan  fasilitas  untuk  mengukur  kinerja dalam ruang lingkup yang luas melalui indikator – indikator kunci bisnis termasuk : pelanggan,  produk dan layanan, operasional, sumber daya manusia, finansial dan perencanaan dalam lingkungan  yang  sulit  untuk  diprediksi.  Kriteria  Baldrige  dapat  membantu  dalam  mengelola  sumber  daya  bersamaan dengan  pendekatan  yang  lain  seperti  ISO  9000, Lean, Balanced  Scorecard dan  Six  Sigma  dalam  memperbaiki  dan  meningkatkan  komunikasi,  produktivitas  dan  efektivitas  sekaligus  dalam  mencapai  tujuan strategik. Nilai  inti dan konsep dari Kriteria Baldrige disajikan dalam  tujuh kategori  yang mencakup  :  (1) Kepemimpinan;  (2) Perencanaan Strategis;  (3) Fokus pada Pelanggan dan Pasar;  (4)  Pengukuran,  Analisa  dan Manajemen  Pengetahuan;  (5)  Fokus  pada  Sumber  Daya Manusia;  (6)  Manajemen Proses; dan (7) Hasil.  PT  Telekomunikasi  Indonesia,  Tbk  (TELKOM)  merupakan  perusahaan  penyedia  layanan  telekomunikasi terbesar di Indonesia. Saham TELKOM terbagi atas pemerintah Indonesia (51.2%) dan  pemegang saham umum (48.8%). Untuk mewujudkan visinya ”To Become a Leading InfoCom Player  in Indonesia”, TELKOM pada saat ini sedang berada dalam proses bertransformasi menuju organisasi  yang  berorientasi  pada  pelanggan.  TELKOM  menyadari  bahwa  untuk  hal  ini  diperlukan  adaptasi  dengan perubahan lingkungan dan menempatkan pelayanan terhadap pelanggan pada posisi superior  dalam memimpin  pasar. Perubahan  yang  terjadi  secara  global  seakan memaksa PT TELKOM  untuk  tidak hanya  cepat   beradaptasi  terhadap  realita pasar  yang  baru, namun  juga men‐transformasi‐kan  dirinya   ke  dalam  organisasi  bisnis moderen  sebagaimana  yang  diperlukan  dalam  kompetisi  yang  sangat ketat antar penyedia jasa layanan informasi dan komunikasi.   Transformasi  menuju  organisasi  yang  berorientasi  pelanggan  menuntut  adanya  kualitas  pelayanan yang  lebih  responsif dan profesional,  serta  lebih berfokus pada  target pasar yang  spesifik.  Hal  inilah  yang mendorong PT TELKOM untuk mengadopsi  beberapa perangkat manajemen untuk  mengidentifikasi  tingkat  kinerjanya hingga  saat  ini,  salah  satunya  adalah Kriteria Baldrige. Langkah  yang  diambil  sangat  penting  untuk  menentukan  strategi  berikutnya  melalui  identifikasi  terhadap  kekuatan  dan  kelemahan  sebagai  peluang  perbaikan.  Penelitian  ini  difokuskan  pada  analisa  implementasi  Kriteria  Baldrige  di  lingkungan  DIVRE  IV  PT  TELKOM  melalui  proses  penilaian  terhadap dokumen  aplikasi Malcolm Baldrige  selama peride  tahun  2004  yang  terbagi dalam  3  (tiga)  tahap yaitu : (1) self assesment; (2) site visit issues , dan; (3) site visit. Pada akhir penilaian diperoleh nilai  sebesar 604.25 , dimana perusahaan yang di’potret’ termasuk band 5 dalam Scoring Band Descriptor,  dan  peluang perbaikan dalam Opportunity  for Improvement (OFI) ditekankan pada kategori kepemimpinan,  sumber  daya  manusia  dan  hasil  bisnis.  Kriteria  Baldrige  merupakan  perangkat  untuk  membantu  memudahkan mengukur tingkat performansi, dengan mengidentifikasi peta kekuatan dan kelemahan  untuk mencapai kinerja yang lebih optimal. []  

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kriteria Baldrige, Manajemen Kualitas, Uji Kinerja,  Opportunity for Improvement (OFI) 
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 May 2010 08:41
Last Modified: 15 Nov 2010 06:49
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7040

Actions (login required)

View Item View Item