ANALISIS PENGARUH BANYAKNYA PENGUNJUNG PLASA, LOKASI USAHA DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS USAHA RETAIL DI PLASA

HARJANA , HARJANA (2006) ANALISIS PENGARUH BANYAKNYA PENGUNJUNG PLASA, LOKASI USAHA DAN PENGALAMAN USAHA TERHADAP TINGKAT PROFITABILITAS USAHA RETAIL DI PLASA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040057.pdf

Download (38kB)
[img] PDF
P100040057.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)

Abstract

Semakin maraknya kehadiran Pusat Perbelanjaan di kota Surakarta, telah mendorong tumbuhnya dinamika perekonomian baru yang semakin mengukuhkan kota Surakarta sebagai kota perdagangan dan jasa. Persaingan yang semakin ketat tidak bisa dielakkan lagi, terbukti dengan eksis dan matinya beberapa pusat perbelanjaan yang ada di kota Surakarta ini. Bagi para pelaku usaha ritel di plasa/pusat perbelanjaan tingkat Profitabilitas usaha sangat menentukan layak tidaknya membuka usaha di pusat perbelanjaan. Dalam penelitian ini mencoba untuk menganalisis beberapa variabel yang diduga sangat berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas usaha ritel di plasa, antara lain variabel banyaknya pengunjung plasa, lokasi usaha di dalam plasa dan pengalaman usaha para pelaku ritel di plasa. Penelitian ini dilakukan di Solo Grand Mall dan Singasaren plasa. Seberapa besar tingkat profitabilitas usaha di kedua pusat perbelanjaan ini akan diuji melalui Uji T- Test untuk masing-masing tingkat profitabilitas. Demikian halnya untuk ritel dari jenis produk makanan, Handphone dan pakaian yang dijual di kedua pusat perbelanjaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan tingkat profitabilitas usaha ritel dipengaruhi oleh variable banyaknya pengunjung plasa dan lokasi usaha di dalam plasa, sementara itu pengalaman usaha secara signifikan berpengaruh terhadap tingkat profitabilitas usaha ritel di singasaren plasa akan tetapi tidak demikian halnya di Solo Grand Mall. Terdapat perbedaan yang signifikan tingkat profitabilitas usaha ritel antara di Solo Grand Mall dan Singasaren Plasa. Perbedaan tingkat profitabilitas untuk jenis produk yang dijual di kedua pusat perbelanjaan secara signifikan terjadi pada produk Handphone sementara itu tidak terdapat pebedaan yang signifikan untuk produk makanan dan pakaian.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Profitabilitas, pengunjung, lokasi, pengalaman
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 17 May 2010 08:00
Last Modified: 15 Nov 2010 06:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7031

Actions (login required)

View Item View Item