S A R T O N O , S A R T O N O (2006) PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA (Studi Kasus Pada PT. Telkom Datel Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
P100040045.pdf Download (115kB) |
|
PDF
P100040045.pdf Restricted to Repository staff only Download (335kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar pengaruh perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Selain itu, penelitian juga bertujuan untuk mengestimasi atau menaksir besar interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel moderasi terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Desain penelitian yang akan dilakukan adalah deskriptif dengan menggunakan metode survei, dimana informasi dikumpulkan dari responden dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah para pelanggan telepon kabel pada PT. Telkom Datel Surakarta. Mengingat jumlah pelanggan sangat banyak maka diputuskan pengambilan sampel dilakukan berdasarkan kemudahan (Convenience Sampling). Adapun model analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan variabel pemoderasi berdasar bentuk nilai absolut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang tidak signifikan dari variabel perilaku konsumen terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bahwa bila variabel perilaku konsumen meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hasil penelitian lainnya mengindikasikan adanya interaksi perilaku konsumen dan gaya hidup sebagai variabel pemoderasi secara signifikan terhadap penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Hal ini mengindikasikan bila interaksi variabel perilaku konsumen dan gaya hidup meningkat maka akan berpengaruh terhadap kenaikan penggunaan pulsa pada PT. Telkom Datel Surakarta. Disarankan, penting bagi pengambil keputusan yang ada di PT. Telkom Datel Surakarta untuk memperhatikan faktor perilaku konsumen yang meliputi jumlah anggota keluarga, penghasilan per bulan, sikap dan kepribadian, pengalaman, serta budaya pelanggan. Hal ini karena makin kuatnya daya tawar konsumen dalam persaingan saat ini khususnya teknologi dan bisnis telekomunikasi yang cenderung pro-pasar. Aspek penting yang perlu diperhatikan dalam penelitian akan datang adalah mempertimbangkan untuk memasukkan faktor sikap, kepuasan dan loyalitas pelanggan dalam penelitian.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | PERSEPSI PERILAKU KONSUMEN TERHADAP PENGGUNAAN PULSA |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 17 May 2010 07:52 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 06:57 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7029 |
Actions (login required)
View Item |