Sukasno , Agus (2005) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL, STRATEGI KOGNITIF, DAN KONDISI TEMPAT KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI KECAMATAN KARTASURA KABUPATEN SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100020057.pdf Download (73kB) |
|
PDF
Q100020057.pdf Restricted to Repository staff only Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura. 2) Untuk mengetahui pengaruh positif strategi kognitif terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura. 3) Untuk mengetahui pengaruh positif kondisi tempat kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura. 4) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional, strategi kognitif, dan kondisi tempat kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura. Sesuai dengan tujuan penelitian tersebut, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitafif. Populasinya guru SMP Kecamatan Kartasura tahun pelajaran 2004/2005. Teknik pengumpulan data adalah dengan teknik kuesioner dan Lembar Penilaian Kinerja Guru (LPKG). Teknik kuesioner (angket) dipakai untuk mengumpulkan data variabel kecerdasan emosional, strategi kognitif, dan kondisi tempat kerja, lembar LPKG digunakan untuk mengetahui kinerja guru. Analisis data menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Ada pengaruh positif kecerdasan emosional terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura. Semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional yang dimiliki guru maka makin tinggi pula pengaruhnya terhadap kinerja guru. 2) Ada pengaruh positif strategi kognitif terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura. Semakin tinggi tingkat strategi kognitif yang dimiliki maka makin tinggi pula pengaruhnya terhadap kinerja guru. 3) Ada pengaruh positif kondisi tempat kerja terhadap kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura. Semakin baik kondisi tempat kerja maka semakin baik pula pengaruhnya terhadap kinerja guru. 4) Ada pengaruh positif bersama-sama kecerdasan emosional, strategi kognitif, dan kondisi tempat kerja terhadap kinerja guru. Variabel kinerja guru (Y) dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional (X1), strategi kognitif (X2), dan kondisi tempat kerja (X3). Koefesien determinan berganda Ry(1,2,3) sebesar 0,309. Hal ini berarti 30,9% varians kinerja guru (Y) dapat dijelaskan oleh kecerdasan emosional (X1), strategi kognitif (X2), dan kondisi tempat kerja (X3). dan sisanya 69,91% merupakan pengaruh variabel lain yang tidak diteliti antara lain: disiplin kerja, motivasi kerja, kepuasan kerja, labar belakang pendidikan, dan lain-lain. Implikasi dari hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif kecerdasan emosional, strategi kognitif, dan kondisi tempat kerja terhadap kinerja guru, maka dapat memberikan gambaran pada pihak yang terkait untuk mau dan mampu serta lebih memperhatikan ketiga faktor tersebut, agar kinerja guru SMP Negeri Kecamatan Kartasura khususnya meningkat dan lebih baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan Emosional, Strategi Kognitif, dan Kondisi Tempat Kerja Terhadap Kinerja Guru SMP Negeri |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 15 May 2010 03:00 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 07:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/7000 |
Actions (login required)
View Item |