Nisrina, Hasna and -, Prof. Dr. Tjipto Subadi, M. Si (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bencana Banjir Subbab Masalah Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
PDF (Bab I)
BAB I.pdf Download (164kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (199kB) |
|
PDF (Bab III)
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (304kB) |
|
PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
PDF (Bab V)
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (243kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
|
PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kualitas, dan efektifitas buku cerita bergambar bencana banjir subbab masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang model pengembangannya diadaptasi dari Sugiyono (2015). Tahap pengembangan produk di mulai dengan melakukan 1) Pengumpulan data, 2) Desain produk, 3) Validasi Desain, 4) Perbaikan Desain, dan 5) Uji coba produk. Desain penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak kelas VIII. Validasi menurut ahli materi dapat diketahui penilaian materi diperoleh rata-rata sebesar 3,7 dengan kriteria “cukup baik”. Validasi dari ahli media dapat diketahui penilaian aspek media buku cerita bergambar kebencanaan banjir diperoleh rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria “cukup baik”. Uji coba pada siswa dapat diketahui penilaian aspek media buku cerita bergambar kebencanaan banjir keseluruhan indikator peroleh rata-rata sebesar 3,9 dengan kriteria “cukup baik”. Hasil uji coba guru dari segi aspek materi memperoleh rata-rata sebesar 3,1 dengan kriteria interpretasi “cukup baik” dan penilaian dari segi aspek media memperoleh rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria interpretasi “cukup baik”. Nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas VIII B pada saat pretest 5,2 dan rata-rata nilai posttest 6,4. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu kelas VIII C didapatkan nilai pretest 5,3 dan meningkat setelah posttest yaitu 7,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunan media buku cerita bergambar bencana banjir pada materi masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengembangan, media pembelajaran, buku cerita bergambar, bencana, banjir |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi |
Depositing User: | HASNA NISRINA |
Date Deposited: | 18 Jan 2019 06:50 |
Last Modified: | 18 Jan 2019 06:50 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69910 |
Actions (login required)
View Item |