Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bencana Banjir Subbab Masalah Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Kabupaten Boyolali

Nisrina, Hasna and -, Prof. Dr. Tjipto Subadi, M. Si (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Bencana Banjir Subbab Masalah Lingkungan Hidup dan Upaya Penanggulangannya Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Halaman Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab I)
BAB I.pdf

Download (164kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img] PDF (Pernyataan Publikasi Ilmiah)
PERNYATAAN PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan, kualitas, dan efektifitas buku cerita bergambar bencana banjir subbab masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya mata pelajaran IPS kelas VIII di SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Kabupaten Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang model pengembangannya diadaptasi dari Sugiyono (2015). Tahap pengembangan produk di mulai dengan melakukan 1) Pengumpulan data, 2) Desain produk, 3) Validasi Desain, 4) Perbaikan Desain, dan 5) Uji coba produk. Desain penelitian berupa nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak kelas VIII. Validasi menurut ahli materi dapat diketahui penilaian materi diperoleh rata-rata sebesar 3,7 dengan kriteria “cukup baik”. Validasi dari ahli media dapat diketahui penilaian aspek media buku cerita bergambar kebencanaan banjir diperoleh rata-rata sebesar 3,2 dengan kriteria “cukup baik”. Uji coba pada siswa dapat diketahui penilaian aspek media buku cerita bergambar kebencanaan banjir keseluruhan indikator peroleh rata-rata sebesar 3,9 dengan kriteria “cukup baik”. Hasil uji coba guru dari segi aspek materi memperoleh rata-rata sebesar 3,1 dengan kriteria interpretasi “cukup baik” dan penilaian dari segi aspek media memperoleh rata-rata sebesar 3,4 dengan kriteria interpretasi “cukup baik”. Nilai rata-rata kelas kontrol yaitu kelas VIII B pada saat pretest 5,2 dan rata-rata nilai posttest 6,4. Nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu kelas VIII C didapatkan nilai pretest 5,3 dan meningkat setelah posttest yaitu 7,5. Hal ini menunjukkan bahwa penggunan media buku cerita bergambar bencana banjir pada materi masalah lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya lebih efektif dari pada pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media pembelajaran, buku cerita bergambar, bencana, banjir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: HASNA NISRINA
Date Deposited: 18 Jan 2019 06:50
Last Modified: 18 Jan 2019 06:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/69910

Actions (login required)

View Item View Item