PENGARUH PROMOSI, DISTRIBUSI, DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN DI CV. RUDJITO GLASS & CRAFT SUKOHARJO

SUPARTINI , SRI (2006) PENGARUH PROMOSI, DISTRIBUSI, DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN DI CV. RUDJITO GLASS & CRAFT SUKOHARJO. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040079.pdf

Download (250kB)
[img] PDF
P100040079.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)

Abstract

Pemberian informasi dan sekaligus persuasi terhadap produk perusahaan kepada para konsumen merupakan perwujudan nyata dari penerapan kebijaksanaan yang diambil oleh para manajer pemasaran. Promosi, distribusi dan harga adalah komponen marketing mix yang menentukan arah strategi pemasaran untuk mampu menarik konsumen dalam membeli suatu produk. Berdasarkan latar belakang dan rumusan masalah yang ada, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh biaya promosi, biaya distribusi dan harga terhadap volume penjualan perusahaan Glass dan Handicraff CV. Rudjito Sukoharjo. Dalam penelitian ini obyek yang diteliti adalah CV. Rudjito Glass & Craft Sukoharjo. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa jumlah karyawan, bagian-bagian bidang pekerjaan, tingkat pendidikan formal, struktur organisasi, biaya promosi, biaya distribusi, harga produk, dan volume penjualan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknil observasi, dan interview. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa koefisien regresi variabel promosi, distribusi, dan harga adalah positif, artinya apabila biaya promosi, biaya distribusi dan harga di naikkan, maka nilai penjualan akan semakin mengikat. Besarnya nilai koefisien regresi nilai yang paling besar adalah harga, sehingga dapat disimpulkan bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi nilai penjualan adalah harga. Hasil analisis uji ketepatan parameter penduga dapat diketahui bahwa secara individu promosi, distribusi dan harga berpengaruh secara signifikan terhadap nilai penjualan perusahaan CV Rudjito Glass & Craft Sukoharjo. Hasil analisis Uji F (pengujian secara serentak) diketahui bahwa nilai F-hitung > F-tabel (76,392 > 3,1619) sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, maka promosi, distribusi dan harga, secara serempak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap nilai penjualan. Dari hasil pengujian koefisien determinasi (Adjusted R2 ) diketahui sebesar 0,793. Hal ini berarti 79,3% variasi dari nilai penjualan dipengaruhi oleh variasi dari ketiga variabel independen (promosi, distribusi dan harga), sedangkan sisanya sebesar 20,7% dipengaruhi oleh sebab-sebab lain.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Promosi, Distribusi, Harga dan Penjualan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 14 May 2010 04:16
Last Modified: 15 Nov 2010 07:27
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6983

Actions (login required)

View Item View Item