PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KARAKTERISTIK KATEGORI PRODUK, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2004)

Oktavia, Fajarwati (2005) PENGARUH KETIDAKPUASAN KONSUMEN, KARAKTERISTIK KATEGORI PRODUK, DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MERK (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Manajemen Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2004). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Hal_muk-jdl.pdf

Download (90kB)
[img] PDF
P100030047_Fajarwati_Oktavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Keputusan pembelian suatu produk tertentu termasuk dalam tindakan sebagai kemauan untuk mengkonsumsi. Keputusan melakukan pembelian dan berganti merk merupakan perilaku konsumen yang kemungkinan dipengaruhi oleh ketidakpuasan konsumen, karakteristik kategori produk, dan kebutuhan mencari variasi. Rumusan dalam penelitian ini adalah 1) Apakah ketidakpuasan konsumen, karakteristik kategori produk, dan mencari variasi, berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merk; 2) Variabel manakah di antara ketidakpuasan konsumen, karakteristik produk dan kebutuhan mencari variasi yang paling dominan berpengaruh terhadap keputusan perpindahan merek. Tujuan penelitian untuk menganalisis ketidakpuasan konsumen, karakteristik kategori produk, dan kebutuhan mencari variasi terhadap keputusan perpindahan merk; dan mengetahui faktor yang paling dominan. Obyek dalam penelitian adalah perilaku mahasiswa dalam memutuskan untuk berganti merk terhadap produk mie instan, parfum, dan sabun cuci. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi manajemen UMS angkatan 2004. Sampel ditentukan dengan menggunakan quota purposive random sampling yaitu sebanyak 120 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Alat analisis penelitian dengan menggunakan regresi logistik. Berdasarkan hasil analisis model regresi logistik diperoleh nilai -2LL sebesar 23,417,2 tabel = 90,5312 maka model dinilai fit/sesuai dengan data karena -2LL= 23,417 < 2 tabel= 90,5312. Tanda positif (+) b1, b2, dan b3 menunjukkan bahwa semakin besar X, semakin besar juga odds perpindahan merk= log probabilitas Perpindahan-merktetap (Y1) dibagi probabilitas Perpindahan-merkpindah-merk (Y2); Berdasarkan uji wald untuk variabel ketidakpuasan konsumen (X1) = 9,374 dengan signifikansi 0,02 atau 2 persen. Hasil pengujian wald variabel karakteristik kategori produk (X2) diperoleh nilai Wald sebesar 12,480; P.value 0,000 atau 0 persen. Nilai wald untuk variabel kebutuhan mencari variasi (X3) = 6,139 dengan signifikansi 0,013 atau 1,3 persen. Hasil pengujian Nagelkerke R2 diperoleh nilai Nagelkerke R2 sebesar 0,928. artinya variabel ketidakpuasan konsumen (X1), variabel karakteristik kategori produk (X2), dan kebutuhan mencari variasi (X3) dapat menjelaskan kemungkinan perpindahan merk pada mahasiswa fakultas ekonomi manajemen UMS Angkatan 2004 dalam mengkonsumsi produk mie instan, parfum, dan sabun cuci adalah sebesar 92,8 persen; ABSTRACT The buying decision of certain product is included on the consuming act. The decision of buying and changing brand is consumer’s act, which is, perhaps, influenced by unsatisfied feeling on customer’s side, product category, and the needs of finding variety-consuming act. The problem statement at this research is 1) does the unsatisfied consumers, the characteristic of finding variety at the categorized product, influence through decision of changing brand; 2) which variable of among unsatisfied consumers, product characteristic, and the needs of finding variety consuming act are the most dominant in influencing changing brand. The aim of research is analyzing unsatisfied feeling on customer’s side, product category, and the needs of finding variety-consuming act; and finding the most dominant factors. The object research is the student act in deciding changing product through instant noodle, deodorant, and detergent. The population of research is the students of economic faculty Muhammadiyah University Surakarta, year 2004. The sample is determinate using quota purposive random sampling; 120 respondent covers it. The equipment of collecting data, which is uses at its research, is questioner, while the analysis equipment is using logistic regression. Based on the research result on logistic regression, it is obtained –2LL as 23.417 .X2criterion = 90.5312, therefore, the model is identified as fit/ suitable with the data, it is caused –2LL = 23.417 < X2 criterion = 90.5312. The positive mark (+) b1, b2, and b3 shows that more the value of X, it is identified that the value odds of removing brand = log probability. The removing-brandconstant (Y1) divided by probability removing-brandremoving-brand (Y2); based on wald test through variable of unsatisfied consumers (X1) = 9,374 with the significant value 0,02 or 2 percent. The result of wald test variable of characteristic product categorized (X2) is obtained the value of wald as 12.480; by significance 0.000 or 0 percent. The value of wald for variable of needs finding variety act (X3) = 6.139 with the significance 0.013 or 1.3 percent. The result of Nagelkerke test R2 is obtained Nagelkerke value R2 as 0.928. It means that variable unsatisfied consumers (X1), variable of characteristic product categorized (X2), and the needs of finding variety product (X3) is able to explain the possibilities of removing brand through the students of economic faculty majoring management Muhammadiyah University Surakarta, year 2004 in consuming instant noodle, deodorant, and detergent as 92.8 percent.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: ketidakpuasan konsumen, kategori produk, perpindahan merek
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 12 May 2010 09:17
Last Modified: 15 Nov 2010 07:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6958

Actions (login required)

View Item View Item