ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA

KADARWATI , SRI (2006) ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP PELAYANAN PENDIDIKAN SEKOLAH DASAR DI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
P100040018.pdf

Download (94kB)
[img] PDF
P100040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)

Abstract

Masalah kualitas merupakan salah satu bagian penting dan sangat perlu mendapatkan perhatian yang serius bagi pimpinan perusahaan dalam menjalankan strategi operasinya. Dalam era global competition akan terjadi kecenderungan proses pengembangan produk/jasa yang lebih baik, canggih, berkualitas dan lebih murah jika dibandingkan dengan produk sebelumnya hal ini disebabkan oleh perubahan yang begitu cepat dalam bidang teknologi. Operasi perusahaan manufaktur maupun perusahaan jasa dalam era globalisasi dituntut menjadi unggul dalam daya saing maupun unggul dalam kualitas produk, bahkan harus menempatkan customer satisfaction pada barisan depan dari visi dan misi perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Apakah variabel-variabel reliability, responsiveness, assurance, tangible, dan empathy secara partial ataupun bersama-sama mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan Sekolah Dasar di kota Surakarta”. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah anak-anak yang bersekolah di Sekolah Dasar-Sekolah Dasar pada wilayah Surakarta, penulis mengambil sampel 120 orang responden. Dalam penelitian ini model di analisis dengan alat analisis regresi linier dengan metode OLS dengan kombinasi dummy variabel. Dengan melihat hasil analisis regresi linier berganda dari kelima dimensi kualitas pelayanan yaitu dimensi reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan tangibles, yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pengguna jasa pendidikan dasar di Surakarta adalah kualitas pelayanan pada dimensi Assurance yaitu keramahan dan kemampuan yang dimiliki seluruh lini manajemen dalam melaksanakan tugasnya. Dari hasil regresi yang dihasilkan dari regresi variabel dummy diketahui bahwa kualitas pelayanan sekolah dasar terhadap pelanggan sekolah dasar lebih tinggi sekolah dasar berstatus negeri dibandingkan dengan kualitas pelayanan sekolah berstatus swasta. Hal ini dapat dibandingkan bahwa besaran kualitas pelayanan sekolah dasar negeri yang didapat dari hasil regresi tersebut menunjukkan besaran angka sebesar 15,112 satuan dan besaran kualitas pelayanan sekolah dasar swasta dari hasil regresi didapatkan besaran sebesar 14,1 satuan. Untuk itu perlu diambil langkah- langkah nyata terutama untuk sekolah dasar swasta agar mencontoh sekolah-sekolah negeri yang dianggap mempunyai skor terbaik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Servqual, Dimensi Kualitas, Pendidikan Dasar.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 May 2010 08:55
Last Modified: 15 Nov 2010 08:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6950

Actions (login required)

View Item View Item