PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERDASAR PAGU RINTISAN SEKOLAH NASIONAL BERTARAF INTERNASIONAL (SNBI)(Studi Kasus SMA 1 Salatiga)

KUSMIN, KUSMIN (2006) PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BERDASAR PAGU RINTISAN SEKOLAH NASIONAL BERTARAF INTERNASIONAL (SNBI)(Studi Kasus SMA 1 Salatiga). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050175.pdf

Download (180kB)
[img] PDF
Q100050175.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (418kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini untuk mendeskripsikan tanggapan sekolah menyikapi adanya penunjukkan rintisan sekolah nasional bertaraf internasional (SNBI) di SMA 1 Salatiga dan mendeskripsikan upaya-upaya yang dilakukan sekolah dalam rangka peningkatan kompetensi guru rintisan sekolah nasional bertaraf internasional. Sumber informasi kepala SMA 1 Salatiga, wakil kepala sekolah bidang pengembangan selaku koordinator rintisan SNBI dan guru mata pelajaran pokok rintisan SNBI yang meliputi pengampu mata pelajaran fisika, kimia, biologi, matematika dan bahasa Inggris. Bentuk penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang mengedepankan pengumpulan data atau realitas persoalan berlandaskan pada pengungkapan data yang bersumber dari informan. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data, review informan dan peerdebriefing yaitu bentuk diskusi analitik dengan teman sejawat. Teknik analisa yang digunakan meliputi reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Pengambilan kesimpulan menggunakan teknik deskriptif analitik artinya suatu proses dengan jalan menjelaskan data yang didasarkan atas fenomena dan fakta hasil wawancara dengan subjek penelitian. Kesimpulan penelitian bahwa SMA 1 Salatiga menyambut baik penunjukkan sebagai salah satu pelaksana rintisan SNBI. Upaya sekolah dalam rangka peningkatan kompetensi guru rintisan SNBI meliputi pelatihan bahasa inggris, pelatihan ICT (information Communication Technology), penataran issue- issue up to date, mengaktifkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) dan studi banding. Menyadari rintisan SNBI masih termasuk program yang baru, kepala sekolah pelaksana rintisan SNBI perlu memiliki perencanaan yang matang, anggaran yang cukup, pelaksanaan yang tepat dan evaluasi yang objektif. Para guru rintisan SNBI sudah seharusnya memacu diri meningkatkan kualitas kompetensinya baik secara kelompok maupun mandiri.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi, SNBI, ICT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 12 May 2010 02:23
Last Modified: 15 Nov 2010 08:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6914

Actions (login required)

View Item View Item