Chibtiyah, Chibtiyah (2006) KONTRIBUSI KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN UNGARAN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100050165.pdf Download (271kB) |
|
PDF
Q100050165.pdf Restricted to Repository staff only Download (965kB) |
Abstract
Sejak berlakunya UU No. 22 Tahun 1999 tentang Otonomi Daerah berarti dimulainya desentralisasi dibidang pendidikan, dimana masing-masing daerah diberi kewenanganan untuk mengatur, mengurus dan mengelola sendiri daerahnya. Salah satu permasalahan yang dihadapi daerah Kecamatan Ungaran adalah kesenjangan prestasi belajar para siswa khususnya ditinjau dari standar ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang. Adanya kesenjangan prestasi itu merupakan cermin kinerja mengajar para guru di wilayah Kecamatan Ungaran. Oleh karena itu penelitian ini mencoba mengidenifikasi kontribusi kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja terhadap kinerja mengajar guru di Kecamatan Ungaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, dengan teknik pengambilan sampel adalah quota random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 95 guru. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pengumpulan data angket (kuesioner). Analisa yang digunakan adalah statistik regresi linear berganda, uji ketepatan parameter, dan uji ketepatan model. Analisa data dan pembahasan menunjukkan bahwa kepemimpinan (X1) motivasi (X2) dan lingkungan kerja (X3) memberikan kontribusi secara signifikan pada kinerja mengajar guru (Y). Hal ini ditunjukkan oleh harga F hitung sebesar 27,133 > F tabel 2,68, kemudian harga koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,472 dan persamaan regresi Y = -46,778 + 1,474 X1 + 1,013 X2 + 0,228 X3 Hal ini berarti kepemimpinan, motivasi, dan lingkungan kerja secara bersama- sama memberikan kontribusi pada kinerja mengajar guru dan mampu menjelaskan sebesar 47.2% kinerja mengajar guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator kepemimpinan, motivasi, lingkungan kerja secara bersama-sama memberikan sumbangan secara signifikan pada kinerja mengajar guru. Dari uji t diperoleh harga t hitung X1 = 7.426; t hitung X2 = 2.559; t hitung X3 = 0.652. Dengan demikian variabel X1 dan X2 secara parsial mempunyai kontribusi yang signifikan terhadap variabel Y dengan tingkat kepercayaan 95%. Sedangkan variabel X2 tidak memberikan memberikan kontribusi terhadap variabel Y. Sumbang Efektif (SE) X1= 39,3%, (SE) X2=7,7%,. Sedangkan Sumbangan Relatif (SR) X1=83.6%, (SR) X2=16.4%. Karena itu kepada pihak-pihak yang terkait perlu meningkatkan kepemimpinan kepala sekolah karena terbukti memberikan kontribusi. Memperhatikan hal-hal yang dapat meningkatkan motivasi kerja sehingga kinerja mengajar guru lebih optimal dan lebih baik.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Kinerja Mengajar Guru. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 11 May 2010 08:28 |
Last Modified: | 21 Nov 2019 06:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6911 |
Actions (login required)
View Item |