Kemandirian Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu di Sekolah Dasar Negeri Sidomulyo 04 Kabupaten Semarang.

TRIPUTRA, AGUS PANCA (2006) Kemandirian Sekolah Dalam Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu di Sekolah Dasar Negeri Sidomulyo 04 Kabupaten Semarang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050162.pdf

Download (870kB)
[img] PDF
Q100050162.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Management) masih semu. Sekolah belum diberi keleluasaan untuk mengatur rumah tangganya sendiri sehingga tidak memiliki kemandirian. Fokus penelitian, kemandirian sekokah dalam implementasi manjemen peningkatan mutu di SDN Sidomulyo 04 Kabupaten Semarang. Pertanyaan penelitian, bagaimana sumberdaya pendidikan di SDN Sidomulyo 04 ? dan bagaimana upaya yang dilakukan sekolah untuk mewujudkan kemandirian dalam implementasi manajemen peningkatan mutu ?. Tujuan penelitian, mendeskripsikan sumber daya pendidikan di SDN Sidomulyo 04 dan upaya mewujudkan sekolah mandiri. Manfaat penelitian, bahan kajian pengembangan kemandirian sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian kepala sekolah, guru, karyawan, dan komite sekolah. Metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data pengembangan teori dengan mengindentifikasi suatu fokus atau “ constant comparative methods”. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, trianggulasi waktu dan member cek . Hasil penelitian, SDN Sidomulyo 04 memiliki kepala sekolah, guru karyawan, dan komite sekolah yang sumber daya manusianya baik sehingga mampu mewujudkan kemandirian sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan. Sumber daya manusia, kepala sekolah disiplin, kreatif, inovatif dan penggerak semua kegiatan. Guru dan karyawan kualifikasi pendidikan sarjana, memiliki semangat kerja dan dedikasi yang tinggi. Komite sekolah menjadi kerabat kerja yang baik. Sarana dan prasarana, lengkap dan terpelihara dengan baik. Pembiayaan, operasional pembelajaran dari BOS, pembangunan dan perawatan dari sumbangan orang tua. Kemandiriian sekolah, ditempuh dengan mewujudkan visi dan misi pembelajaran. Peningkatan mutu pendidikan, pelaksanaan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM), lulusan yang berkualitas dengan bekal life skill . Saran, seleksi kepala sekolah diutamakan yang berkarakter baik, peningkatan kualifikasi pendidikan guru sangat perlu untuk mendukung kinerja, komite sekolah dipilih orang yang bertanggung jawab, wujudkan visi dan misi dalam aksi, gunakan pembelajaran PAKEM disertai pendidikan karakter dan life skill.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kemandirian, manajemen, mutu.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 08:24
Last Modified: 15 Nov 2010 08:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6910

Actions (login required)

View Item View Item