FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK PEMEROLEHAN BAHASA ANAK TUNARUNGU ( Studi kasus di SLB – B Karnnamanohara Yogyakarta )

YULIATI, FARIDA (2006) FAKTOR-FAKTOR STRATEGIK PEMEROLEHAN BAHASA ANAK TUNARUNGU ( Studi kasus di SLB – B Karnnamanohara Yogyakarta ). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050061.pdf

Download (254kB)
[img] PDF
Q100050061.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mendeskripsikan faktor-faktor strategik pemerolehan bahasa anak tunarungu. Faktor-faktor strategik yang terkait dengan manajemen strategik kepala sekolah, strategi guru, sarana prasarana dan iklim komunikasi organisasi di SLB B Karnnamanohara Yogyakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif fenomenologi. Sumber data kepala sekolah dan guru SLB B Karnnamanohara serta dokumen. Teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan trianggulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian. 1) Kepala sekolah menerapkan manajemen strategik dengan mengadakan analisis lingkungan, menetapkan visi, misi dan obyektif serta strategi. Analisis lingkungan, di Yogyakarta belum ada sekolah yang menggunakan metode oral. Penetapan visi, misi dan obyektif melibatkan seluruh warga sekolah. Formulasi strategi dengan menawarkan penggunaan metode isyarat atau metode oral. Akhirnya ditetapkan dengan metode oral dalam metode maternal reflekif. 2) Pelaksanaan KBM diawali dengan pembuat program, silabus dan rencana pembelajaran. KBM dilaksanakan dengan pendekatan percakapan dalam metode maternal relektif. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara proses dan tes sumatif. Tindak lanjut dilaksanakan melalui kegiatan bina wicara dan pengembangan bahasa. 3) Sarana prasarana di kelas terdapat cermin, gambar-gambar serta warna. Setting kelas diatur ½ lingkaran. Ada beberapa kelas yang sudah dipasang resiver display. Terdapat ruang khusus untuk bina wicara dan BPBI dengan peralatannya. 4) Iklim komunikasi sekolah dibentuk melalui kepercayaan, pengambilan keputusan bersama, kejujuran, informasi yang tebuka dan perhatian pada tujuan berkinerja tinggi. Kesimpulan peneliti, Pemerolehan bahasa anak tunarungu dapat dibantu dengan dengan mendirikan sekolah berbasis oral, membiasakan anak bercakap, strategi pembelajaran dengan metode maternal reflektif, di kelas disediakan cermin, banyak gambar dan warna. Iklim komunikasi diciptakan kondusif.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Analisis lingkungan, strategi, metode meternal reflektif, pemerolehan bahasa, anak tunarungu
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 08:03
Last Modified: 15 Nov 2010 08:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6905

Actions (login required)

View Item View Item