PERAN UNIT PRODUKSI DALAM PEMBELAJARAN DAN DUKUNGAN KEBERLANJUTAN SEKOLAH Studi Kasus Pengelolaan Unit Produksi SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar

ANWAR, CHOIRUL (2007) PERAN UNIT PRODUKSI DALAM PEMBELAJARAN DAN DUKUNGAN KEBERLANJUTAN SEKOLAH Studi Kasus Pengelolaan Unit Produksi SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100050058.pdf

Download (257kB)
[img] PDF
Q100050058.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Unit Produksi pada SMK Muhammadiyah 3 Kabupaten Karanganyar, relevansi antara jenis kegiatan serta produk yang dihasilkan Unit Produksi dengan kebutuhan masyarakat, relevansi jenis kegiatan Unit Produksi dengan peningkatan prestasi siswa dan relevansi dengan kebutuhan industri dan kontribusi unit produksi dalam sustainability sekolah. Hasil penelitian dari beberapa responden dengan menggunakan teknik cuplikan purposive sampling yaitu Kepala Sekolah, guru dan tenaga pengajar pada Unit Produksi di SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar dengan menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan pencatatan dokumen. Wawancara, observasi digunakan untuk memperoleh data yang valid dan reliabel sedangkan dokumentasi untuk memperoleh data pelengkap, kemudian melakukan analisis data dengan menggunakan model analisis interaktif. Dari penelitian ini (pengumpulan data) yaitu meneliti ceritera yang sistematis, merekap hasil wawancara pada waktu terakhir didapatkan. Langkah selanjutnya peneliti mencoba membuat kesimpulan. Kesimpulan hasil penelitian adalah sebagai berikut : (1) Pengelolaan Unit Produksi pada SMK Muhammadiyah di Kabupaten Karanganyar dilakukan oleh manajemen sekolah dengan memanfaatkan dana bantuan kepada tiap kelompok siswa dengan anggota kurang lebih 20 anak dari siswa tingkat II (dua) yang mempunyai minat, bakat dan jiwa wirausaha. Kelompok belajar wirausaha ini dibimbing oleh guru kewirausahaan maupun guru-guru lain yang berpotensi wiraswasta serta guru tamu seperti dunia usaha dan dunia industri. (2) Relevansi antara jenis kegiatan serta produk yang dihasilkan Unit Produksi dengan kebutuhan masyarakat bahwa keteampilan yang dikembangkan melalui unit produksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Dunia usaha di Karanganyar cukup kondusif sebagai daya dukung pihak SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar dalam mengembangkan unit produksi. (3) Relevansi jenis kegiatan Unit Produksi dengan peningkatan prestasi siswa dan relevansi dengan kebutuhan industri bahwa melalui unit produksi kemampuan siswa dapat meningkat karena unit produksi menjadi ajang bagi siswa untuk mengembangkan sekaligus mempraktekkan teori yang diperoleh dalam proses belajar mengajar. Relevansi dengan dunia industri bahwa dunia usaha / industri merupakan konsumen sekaligus suplier bagi pengembangan usaha kewirausahaan. (4) Kontribusi unit produksi dalam sustainability sekolah bahwa melalui unit produksi pada SMK Muhammadiyah 3 Karanganyar dapat menumbuhkan spirit of enterpreneurship serta menumbuhkan suatu kompetisi dari masing-masing siswa sehingga dapat mengembangkan kreativitas dan inovasinya. Terbukti setelah lulus siswa dapat membuka atau mengembangkan usaha.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: peran, unit produksi, keberlanjutan sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 11 May 2010 07:58
Last Modified: 15 Nov 2010 08:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6904

Actions (login required)

View Item View Item