Hastuti, Rini (2006) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PROGRAM AKSELERASI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN (Studi Kasus di SMP Negeri 9 Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .
|
PDF
Q100040113.pdf Download (44kB) |
|
PDF
Q100040113.PDF Restricted to Repository staff only Download (568kB) |
Abstract
Pemerintah dalam hal ini Menteri Pendidikan telah mencanangkan “Gerakan Peningkatan Mutu Pendidikan” pada tanggal 2 Mei 2002. Lebih terfokus lagi setelah UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas diundangkan. Salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah penyelenggaraan program akselerasi. Sebagai bukti keseriusan dikeluarkan Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 054/U/1993 untuk SMP, siswa yang memiliki bakat istimewa dan kecerdasan luar biasa dapat menyelesaikan program belajar lebih awal dari waktu yang telah ditentukan. Peneliti mencoba meneliti bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam manajemen pembalajaran program akselerasi, mengetahui bagaimana usaha dalam manajemen pembelajaran program akselerasi untuk meningkatkan mutu pendidikan, mengetahui mutu input, mutu proses, dan mutu output dalam manajemen pembelajaran program akselerasi di SMP Negeri 9 Surakarta. Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, dengan obyek penelitian SMP Negeri 9 Surakarta pada kelas akselerasi. Sebagai peneliti kualitatif, penelitian ini membutuhkan keterangan- keterangan yang mendalam dan terinci. Peneliti terjun langsung ke lapangan mengumpulkan informasi melalui observasi dan wawancara serta dokumentasi. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan program akselerasi SMP Negeri 9 Surakarta melakukan manajemen pembelajaran yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Dalam perencanaan, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum 2004 yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan masa studi kurang dari 3 tahun (2 tahun), tanpa mengurangi muatan isi kurikulum. Dalam pelaksanaan program akselerasi SMP N. 9 Surakarta melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan mutu pembelajaran, antara lain studi banding, out bond , workshop dan MGMP sekolah, serta kerjasama dengan pakar. Dengan usaha yang dilakukan sekolah didapatkan mutu pendidikan untuk program akselerasi meningkat, hal ini terlihat dari prestasi siswa program akselerasi dengan nilai-nilai raport yang tinggi. SMP Negeri 9 Surakarta menyelenggarakan program akselerasi pada tahun ajaran 2005/2006, sehingga belum meluluskan siswa dari program akselerasi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen pembelajaran, program akselerasi, mutu pendidikan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 08 May 2010 04:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 09:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6855 |
Actions (login required)
View Item |