KONTRIBUSI BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI DAN KESIAPAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) SMA NEGERI DI KOTA SURAKARTA

WAHYANA , TRI (2006) KONTRIBUSI BUDAYA ORGANISASI, KOMPETENSI DAN KESIAPAN GURU TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI (KBK) SMA NEGERI DI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta .

[img]
Preview
PDF
Q100040094.pdf

Download (76kB)
[img] PDF
Q100040094.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kontribusi budaya organisasi terhadap implementasi pembelajaran KBK SMA Negeri di Kota Surakarta, 2) kontribusi kompetensi guru terhadap implementasi pembelajaran KBK SMA Negeri di Kota Surakarta, 3) kontribusi kesiapan guru terhadap implementasi pembelajaran KBK SMA Negeri di Kota Surakarta, dan 4) kontribusi budaya organisasi, kompetensi, dan kesiapan guru secara bersama- sama terhadap implementasi pembelajaran KBK SMA Negeri di Kota Surakarta. Jenis penelitian adalah penelitian survai dengan mengambil lokasi di SMA Negeri Kota Surakarta. Populasi penelitian adalah seluruh guru SMA Negeri di Surakarta yang telah melaksanakan KBK dengan jumlah 431 orang. Sampel dalam penelitian berjumlah 205 orang yang dipilih menggunakan teknik systematic sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis chi kuadrat. Penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) Budaya organisasi mempunyai kontribusi signifikan terhadap implementasi pembelajaran KBK SMA Negeri di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien chi square mempunyai signifikansi p < 0,05. Kontribusi relatif budaya organisasi terhadap efektivitas implementasi KBK adalah 5,01% dan kontribusi efektif 4,01%; 2) Kompetensi guru mempunyai kontribusi signifikan terhadap implementasi KBK SMA Negeri di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien chi square mempunyai signifikansi p < 0,05. Kontribusi relatif kompetensi guru terhadap efektivitas implementasi KBK 84,58% dan kontribusi efektif 67,72%; 3) Kesiapan guru mempunyai kontribusi signifikan terhadap implementasi KBK SMA Negeri di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan nilai koefisien chi square mempunyai signifikansi p < 0,05. Kontribusi relatif kesiapan guru terhadap efektivitas implementasi KBK adalah 10,41% dan kontribusi efektif 8,34%; dan 4) Budaya organisasi, kompetensi dan kesiapan guru secara bersama- sama mempunyai kontribusi signifikan terhadap efektivitas implementasi KBK pada SMA Negeri di Kota Surakarta. Hal ini ditunjukkan dengan besarnya perolehan hasil uji F dengan p < 0,05. Persamaan regresi yang diperoleh Y = 15,973 + 0,071 X1 + 0,604 X2 + 0,103 X3. Kontribusi efektif ketiga variabel tersebut terhadap implementasi KBK ditunjukkan dengan nilai koefisien determinasi (adjusted R2 ) sebesar 0,801 atau 80,1%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Budaya Organisasi, Kompetensi, dan Kesiapan guru
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 08 May 2010 03:45
Last Modified: 15 Nov 2010 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6851

Actions (login required)

View Item View Item