PENGARUH POLA BIMBINGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENDAYAGUNAKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR DI SMP NEGERI 3 JATINOM

MUNANDAR , ARIS (2006) PENGARUH POLA BIMBINGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN MENDAYAGUNAKAN KECERDASAN SPIRITUAL DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEBERHASILAN BELAJAR DI SMP NEGERI 3 JATINOM. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040086.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
Q100040086.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (700kB)

Abstract

ARIS MUNANDAR. Pengaruh Pola Bimbingan Motivasi Belajar dengan Mendayagunakan Kecerdasan Spiritual dan Interaksi Sosial terhadap Keberhasilan Belajar Siswa di SMP Negeri 3 Jatinom. Pasca Sarjana UMS. Memotivasi pelajar merupakan salah satu langkah awal yang harus dilakukan oleh seorang guru dalam pengajaran dan pembelajaran. Jika guru telah berhasil membangun motivasi peserta didik pada waktu rentang pengajaran dan pembelajaran bermakna guru itu telah berhasil dalam mengajar. Namun hal ini tidaklah mudah, memotivasi pelajar tidak hanya menggerakkan pelajar agar aktif dalam pelajaran, tetapi juga mengarahkan dan menjadikan pelajar terdorong untuk belajar secara terus menerus, walaupun dia berada di luar kelas ataupun setelah meninggalkan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana pengaruh pola bimbingan motivasi belajar dengan mendayagunakan kecerdasan spiritual dan interaksi sosial terhadap keberhasilan belajar. Hipotesis yang diajukan oleh adalah “Ada pengaruh pola bimbingan motivasi belajar dengan mendayagunakan kecerdasan spiritual dan interaksi sosial terhadap keberhasilan belajar di SMP Negeri 3 Jatinom.” Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Negeri 3 Jatinom Klaten. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dengan menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian berjumlah 42 siswa yang dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar untuk membedakan sub kelompok motivasi tinggi, motivasi rendah dan motivasi tinggi. Data juga diambil dari nilai mid semester genap untuk pre-test dan nilai semester genap untuk post-test pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan Bahasa Inggris. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis varian dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh untuk pre-test kontrol dan eksperimen p 0,155 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan antara pre-test kontrol dan eksperimen. Post-test kontrol dan eksperimen diperoleh p 0,658 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan antara post-test kontrol dan eksperimen. Pre-test dan post-test kelompok kontrol diperoleh p 0,0,074 > 0,05 yang berarti tidak terdapat perbedaan antara pre-test dan post-test kelompok kontrol. Pre-test dan post- test kelompok eksperimen p 0,155 > 0,05 berarti tidak terdapat perbedaan pre-test dan post-test kelompok eksperimen. Secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan yang berarti antara pre-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, tidak terdapat perbedaan antara pre-test kelompok kontrol dan pre-test kelompok eksperimen. Tidak terdapat perbedaan bimbingan motivasi belajar dengan mendayagunakan kecerdasan spiritual dan interaksi sosial terhadap keberhasilan belajar pada kelompok eksperimen dengan bimbingan motivasi belajar konvensional terhadap keberhasilan belajar pada kelompok kontrol. Tidak terdapat pengaruh bimbingan motivasi belajar konvensional terhadap keberhasilan belajar pada kelompok kontrol. Tidak terdapat pengaruh bimbingan motivasi belajar dengan mendayagunakan kecerdasan spiritual dan interaksi sosial terhadap keberhasilan belajar pada kelompok eksperimen.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Motivasi Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 08 May 2010 03:05
Last Modified: 15 Nov 2010 09:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6845

Actions (login required)

View Item View Item