YUSTININGRUM, EKA ESTER (2006) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LIFE SKILL DI SMK BATIK 1 SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100040083.pdf Download (35kB) |
|
PDF
Q100040083.pdf Restricted to Repository staff only Download (402kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses serta kendala-kendala implementasi pendidikan life skill di SMK Batik 1 Surakarta. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang menjadi subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, tata usaha, komite sekolah dan tim BBE/LSE (Broad-Based Education/ Life Skill Education). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dokumentsi, catatan lapangan. Untuk memastikan keabsahan data digunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, trianggulasi data. Hasil penelitian, perencanaan implementasi life skill sudah tergolong tepat yang mendukung proses pelaksanaan implementasi life skill. Kendala-kendala dalam pelaksanaan tidak terlalu signifikan, karena mudah diatasi. Kegiatan pelaksanaan proses implementasi life skill melalaui tahap-tahap yaitu tahap persiapan, tahap identifikasi siswa, penyususnan program implementasi life skill, menentukan materi program serta identifikasi sekolah. Untuk menghindari terjadinya kegagalan meminta sumbangan pemikiran dan saran ,kritik dari masyarakat melalui media atau sarana yang representatif yaitu suatu wadah untuk duduk bersama, untuk menampung dan mengakomodasi usul, kritik dan saran. Dalam mengimplementasikan sistem pendidikan life skill di SMK Batik 1 Surakarta, proses pelaksanaannya mempunyai dasar yang jelas yaitu dokumentasi dari pemerintah UUSPN No. 20 th 2003, UU No. 25 th 2000 tentang Properma, UU No. 22 th 1999 tentang otonomi daerah, PP No. 29 th 1990 Kep Men Diknas No. 044/4/2002 tanggal 2 April 2002. Jadwal kegiatan disusun secara berurutan, program manajemen dijadwalkan lebih awal daripada operasionalisasi yitu dengan diawali konsolidasi dan koordinasi diteruskan peningkatan kualitas guru dan pelatih. Evaluasi dan monitoring untuk menjaga ketercapaian sasaran program monitoring difokuskan pada: 1) kegiatan, 2) aspek meliputi: persiapan, pelaksanaan kegiatan, hasil-hasil waktu monitoring. Dengan tahap-tahap yang telah dilaksanakan, maka hasil sesuai dengan yang ingin dica[pai yaitu calon tenaga yang berkualitas.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendidikan Life Skill |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 07 May 2010 08:53 |
Last Modified: | 14 Jun 2012 05:44 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6842 |
Actions (login required)
View Item |