Karsidi , Karsidi (2005) Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah (Studi Situs SD. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100040079.pdf Download (37kB) |
|
PDF
Q100040079.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan masyarakat terhadap peningkatan kualitas pendidikan, maka kepala sekolah mempunyai peran yang sangat penting dalam memenuhi tuntutan tersebut. Sehingga efektivitas kepemimpinan kepala sekolah menjadi suatu keharusan bagi setiap sekolah atau lembaga pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kepemimpinan kepala sekolah yang efektif, dan beberapa faktor yang mendukungnya, antara lain: 1) visi dan misi SD Negeri Bekonang 02 yang efektif, 2) kepemimpinan kepala sekolah SD Negeri Bekonang 02, 3) efektivitas kepemimpinan kepala sekolah di SD Negeri Bekonang 02. Adapun bentuk dan strategi penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan strategi penelitian etnografi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Visi dan Misi yang dicapai oleh SD Negeri Bekonang 02 efektif. Hal ini dapat dilihat dari budaya sekolah (agama Islam) yang berkembang dengan baik dan prestasi sekolah yang semakin meningkat, serta kemitmen yang tinggi dari kepala sekolah dan dukungan dari semua komponen sekolah dalam mewujudkan visi dan misi tersebut, 2) Kepemimpinan kepala SD Negeri Bekonang 02 baik. Hal ini ditandai dengan terlaksananya tugas-tugas kepala sekolah sebagai edukator, manager, admistrator, supervisor, leader, dan motivator (EMASLIM) dengan baik. Selain itu, kepala sekolah telah mampu mewujudkan ciri-ciri kepala sekolah yang baik menurut Allan C Orstein dan Daniel U Levine, antara lain: a) guru secara terbuka dapat saling membagi perhatian atau memberi masukan dengan kepala sekolah, b) ada keterbukaan diantara guru dan kepala sekolah, c) guru memiliki persamaan bahwa mereka membutuhkan dukungan , bantuan, dan keahlian dari kepala sekolah, d) kepala sekolah menghargai dan mendukung pengembangan professional guru, e) guru diberikan pengakuan atau penghargaan untuk kinerja kompetensinya, 3) Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah SD negeri Bekonang 02 dapat dikatakan baik. Hal ini ditandai dengan terlaksananya fungsi manajemen sekolah yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan dengan baik, serta keberhasilan kepala sekolah dalam menerapkan konsep kepemimpinan Islam di sekolahnya. Konsep kepemimpinan Islam telah banyak mewarnai dalam banyak tindakan dan sikap kepala sekolah di dalam mengelola sekolah. Hal ini terlihat dari segi fisik dan kegiatan sekolah, serta tindakan kepala sekolah dalam memecahkan suatu masalah selalu berpijak pada konsep kepemimpinan dalam Islam
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan Kepala Sekolah yang efektif. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 07 May 2010 08:34 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 09:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6838 |
Actions (login required)
View Item |