Setyaningsih , Ties (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK Negeri 9 Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100040077.pdf Download (75kB) |
|
PDF
Q100040077.PDF Restricted to Repository staff only Download (720kB) |
Abstract
Sumber Daya Manusia di SMK Negeri 9 Surakarta, yang meliputi: Perencanaan Sumber Daya Manusia, Pelatihan dan Pengembangan, Evaluasi Penilaian Kinerja/Ketenagaan, Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan dan Praktek Kerja Industri, dan Dukungan Pelaksanaan Manajemen Sumber Daya Manusia Terhadap Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, serta Manajemen Pembelajaran Teori dan Praktek. Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif historis dan kualitatif fenomenologis. Pendekatan kualitatif historis digunakan untuk mengetahui dan memahami perubahan yang terjadi sejak berdirinya SMSR hingga keadaan SMK Negeri 9 Surakarta dalam perkembangan paling akhir. Pendekatan fenomenologis adalah untuk mengetahui dan memahami gambaran proses manajemen Sumber Daya Manusia yang telah dilaksanakan di SMK Negeri 9 Surakarta. Subjek penelitian ini adalah, Pimpinan SMK Negeri 9 Surakarta, guru beserta karyawan, orang tua siswa, dan siswa. Teknik yang digunakan berupa observasi langsung, wawancara dan dokumenter. Data data antara lain berupa: Arsip dan dokumen yang berupa sejarah berdirinya SMK Negeri 9 Surakarta, data guru dan karyawan, satuan pelajaran, data sarana prasarana, kegiatan belajar mengajar, kegiatan ekstra kurikuler. Hasil penelitian diketahui bahwa upaya yang dilakukan SMK Negeri 9 Surakarta dalam melaksanakan dan menerapkan Manajemen Sumber Daya Manusia yang dimiliki ternyata berpengaruh dapat memberikan dukungan terhadap kualitas pendidikan dan pengajaran yang dilakukan di SMK Negeri 9 Surakarta, hal tersebut dapat dilihat dari sistim pendidikan dan pengajaran yang diterapkan dan dilaksanakan, dapat berjalan dengan baik sesuai yang diinginkan. Hal tersebut tercermin dari kinerja guru dan karyawan, para guru mampu melaksanakan tugas pendidikan dan pengajaran dengan baik, peran guru dan karyawan sangat membantu terlaksananya Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi di SMK Negeri 9 Surakarta. Kepala sekolah sebagai puncak pimpinan, guru dan karyawan mampu bersinergi dalam mencapai tujuannya dalam memberikan dukungan yang maksimal terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sistim Kurikulum Berbasis Kompetensi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Sumber Daya Manusia, Kurikulum KBK. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 07 May 2010 08:30 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 09:17 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6837 |
Actions (login required)
View Item |