PENGARUH MOTIVASI KERJA, PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN

Chulmunir, Misbah (2006) PENGARUH MOTIVASI KERJA, PERSEPSI GURU TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, TINGKAT PENDIDIKAN, DAN KOMPETENSI GURU TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH DASAR KECAMATAN AMBAL KABUPATEN KEBUMEN. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040031.pdf

Download (146kB)
[img] PDF
Q100040031.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)

Abstract

Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi kerja, persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah, tingkat pendidikan, dan kompetensi guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar. Populasi penelitian adalah seluruh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen dengan sampel penelitian 160 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan proporsional stratified random sampling. Untuk kepentingan pengumpulan data disusun instrumen berupa angket yang diuji cobakan kepada duapuluh guru Sekolah Dasar.Untuk mendapatkan validitas butir angket digunakan korelasi product moment dari Pearson yang selanjutnya diuji dengan rumus t-student. Semua butir item tersebut memiliki harga t diatas harga t tabel (1,73). Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumus Sperman Brown dengan metode split-half genap gasal, dengan hasil X1 diperoleh nilai r = 0,879, X2 = 0,867, X4 = 0,738 dan angket Y = 0,852. Keempat variabel tersebut setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai r dengan n = 20, taraf signifikan 1% = 0,561 memiliki tingkat kehandalan yang tinggi. Pengujian persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, linearitas, dan multikolinearitas. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi ganda untuk mengetahui pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan uji simultan (f) dan uji parsial (t). Hasil perhitungan analisa dengan program SPSS for Window 10.00 nilai f = 48,308 lebih besar dari nilai f tabel taraf signifikan 5% yaitu 3,00. Dan nilai t tiap variabel bebas adalah motivasi = 6,978; persepsi = 4,389; tingkat pendidikan = 2,418; kompetensi = 3,672. Semua nilai lebih besar dari nilai f tabel dengan signifikansi 5% yaitu 1,984. Dengan demikian berarti terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel motivasi, persepsi, tingkat pendidikan dan kompetensi terhadap kinerja guru Sekolah Dasar Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Persepsi, Tingkat Pendidikan, Kompetensi, Kinerja.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 07:20
Last Modified: 23 Nov 2019 03:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6823

Actions (login required)

View Item View Item