PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR DAN BUDAYA MUTU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BANJARSARI

SUDJATMOKO , SUDJATMOKO (2006) PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH DASAR DAN BUDAYA MUTU TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU DI SEKOLAH DASAR KECAMATAN BANJARSARI. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100040011.pdf

Download (37kB)
[img] PDF
Q100040011.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan bentuk kelanjutan dari penelitian terdahulu dengan variabel yang sama, yakni Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar, budaya mutu, dan motivasi kerja guru. Namun demikian peneliti ingin membuktikan kesesuaian hasil penelitian terdahulu di lokasi yang berbeda. Masalah yang diteliti adakah pengaruh yang signifikan: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar dan budaya mutu terhadap motivasi kerja guru (2) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar terhadap motivasi kerja guru, dan (3) budaya mutu terhadap motivasi kerja guru. Penelitian ini di Sekolah Dasar Kecamatan Banjarsari dengan populasi 800 guru dan sampel 260 guru. Penentuan klasifikasi sekolah sebagai sampel menggunakan stratified random sampling. Penentuan jumlah sampel setiap sekolah menggunakan random sampling. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode survai deskriptif kuantitatif dengan analisis statistik. Teknik analisis menggunakan korelasi dan regresi dengan menggunakan bantuan SPSS versi 10.00. Taraf signifikansi yang dipergunakan adalah 5%. Hasil penelitian menunjukkan: Pertama, variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar dan budaya mutu secara bersama-sama memberikan pengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja guru, dengan harga F sebesar 207.083 dengan p = 0.000 < 0.05. Kedua, variabel kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar memberikan pengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja guru, dengan harga t-test sebesar 12.446 dengan p = 0.000 < 0.05. Ketiga, variabel budaya memberikan pengaruh secara signifikan terhadap motivasi kerja guru, dengan harga t-test sebesar 5.875 dengan p = 0.000 < 0.05. Harga koefisien determinasinya (R2 ) sebesar 0.617, berarti kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar dan budaya mutu dapat menjelaskan motivasi kerja guru sebesar 61.7%. Sumbangan Efektif X1 56,6% dan sumbangan efektif X2 5,1% terhadap Y.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan transformasional, budaya mutu, motivasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 07 May 2010 07:00
Last Modified: 15 Nov 2010 09:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6820

Actions (login required)

View Item View Item