IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) BIDANG PENDIDIKAN PADA SEKOLAH-SEKOLAH DI BAWAH DEPARTEMEN AGAMA KOTA SALATIGA

S A R N O , S A R N O (2005) IMPLEMENTASI NILAI-NILAI TOTAL QUALITY MANAGEMENT (TQM) BIDANG PENDIDIKAN PADA SEKOLAH-SEKOLAH DI BAWAH DEPARTEMEN AGAMA KOTA SALATIGA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030111.pdf

Download (89kB)
[img] PDF
Q100030111.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)

Abstract

Penelitian layak untuk dikaji, karena Nilai-nilai Total Quality Management (TQM) bidang pendidikan pada sekolah-sekolah di bawah Departemen Agama Kota Salatiga memiliki kelebihan, kekurangan, tantangan serta harapan yang besar bagi pengelola pendidikan dalam rangka peningkatan mutu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengelolaan pendidikan, implementasi TQM, kendala-kendala yang dihadapi, cara mengatasi kendala- kendala serta umpan balik dari pelanggan terhadap sekolah-sekolah di bawah Departemen Agama Kota Salatiga. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif dengan berfokus pengelolaan pendidikan pada Madrasah-madrasah di Kota Salatiga. Metode pengumpulan data yang digunakan pengamatan, wawancara, kuesioner dan dokumentasi untuk mengetahui sejauh mana pelaksanaan TMQ di Madrasah Aliyah Kota Salatiga. Teknik analisis data merupakan perpaduan constant comperative methode dengan kasus ganda (cross-site-analysis). Hasil temuan penelitian menunjukkan kelebihan dan kekurangan bahwa sekolah-sekolah di bawah Departemen Agama Kota Salatiga dalam mengimplementasikan Nilai-nilai Total Quality Management (TQM). Fokus pelanggan siswa sebagai pelangan utama pada Madrasah Aliyah Kota Salatiga telah memperoleh perhatian dari pengelola pendidikan, sisi lain satu Madrasah (MA As Soorkaty) siswa kurang memperoleh perhatian. Perbaikan terus menerus sekolah di bawah Departemen Agama Kota Salatiga telah melakukan proses perbaikan berkesinambungan seperti yang telah diterapkan oleh MAN 1 dan MAN 2 Salatiga. Manajemen partisipasi guru, karyawan dan siswa diberikan kesempatan untuk terlibat serta berpartisipasi aktif dalam perencanaan, pelaksanaan pendidikan. Team work kerjasama team dan kemitraan dijalin dan dibina sebagai upaya peningkatan kualitas dan melakukan tugasnya lebih baik (obsesi terhadap kualitas); pemberdayaan atau empowerment sumber daya manusia memberikan pengaruh berarti dalam peningkatan kualitas pelaksanaan pendidikan di MAN Kota Salatiga, telah dilaksanakan dengan berbagai kekurangan dan kelebihan. Hal ini dilakukan dengan cara mengikutkan pendidikan kejenjang berikutnya mengikuti dan mengadakan pelatihan, akhirnya tumbuh kesadaran meningkatkan kemampuan sendiri; komitmen manajer puncak pengambil kebijakan memiliki komitmen yang kuat untuk meningkatkan dan membudayakan kualitas hasil lulusan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Nilai-nilai Total Quality Management (TQM) di lembaga-lembaga pendidikan di bawah Departemen Agama secara umum telah melaksanakan Nilai-nilai Total Quality Management (TQM) dengan kelebihan dan kekurangan yang akhirnya harapan ke depan oleh pengelola kebijakan mampu memberikan pelayanan dan peningkatan kualitas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Implementasi nilai-nilai TQM, pendidikan, Depag.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 May 2010 05:47
Last Modified: 15 Nov 2010 10:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6772

Actions (login required)

View Item View Item