Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMK Seni dan Kerajinan Kota Surakarta

SUGIYARTO, SUGIYARTO (2005) Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, dan Motivasi Terhadap Kinerja Guru SMK Seni dan Kerajinan Kota Surakarta. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
Q100030088.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
Q100030088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB)

Abstract

Pengembangan sumber daya manusia dalam pendidikan dewasa ini merupakan hal yang sangat penting dalam rangka peningkatan mutu. Hal ini mengisyaratkan bahwa untuk memperoleh tamatan SMK yang berkualitas diperlukan beberapa komponen yang unggul, satu diantaranya adalah guru. Guru SMK Seni dan Kerajinan yang merupakan bagian dari Guru SMK dituntut untuk mempunyai kinerja yang tinggi agar lulusannya bisa diserap oleh masyarakat. Dalam penelitian ini faktor-faktor yang mempengaruhi Kinerja adalah Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi dan Motivasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) pengaruh Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja guru SMK Seni Pertunjukan dan Kerajinan, (2) pengaruh Kompetensi terhadap Kinerja guru SMK Seni Pertunjukan dan Kerajinan, (3) pengaruh Motivasi terhadap Kinerja guru SMK Seni Pertunjukan dan Kerajinan, (4) pengaruh Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi dan Motivasi terhadap Kinerja guru SMK Seni Pertunjukan dan Kerajinan Kota Surakarta. Populasi penelitian ini adalah guru SMK Seni Pertunjukan dan Kerajinan Kota Surakarta. Jumlah populasi 172. Sample diambil secara random sejumlah 118 (sesuai tabel Krejic). Kuesioner yang disebar kepada responden kembali 113. variable yang diteliti adalah Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Kompetensi (X2), Motivasi (X3) dan Kinerja guru (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data yang diperoleh selanjutnya diadakan analisis korelasi dan regresi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Terdapat pengaruh signifikan Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kinerja guru dengan koefisien korelasi parsial (t) = 3,573. Semakin tinggi tingkat Persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, maka akan semakin baik Kinerja guru. (2) Terdapat pengaruh signifikan Kompetensi terhadap Kinerja guru dengan koefisien korelasi parsial (t) sebesar 4,466. Semakin tinggi kompetensi guru maka akan semakin baik kinerja guru. (3) Terdapat pengaruh signifikan Motivasi terhadap Kinerja guru dengan koefisien korelasi parsial (t) sebesar 2,328. Semakin tinggi motivasi maka akan semakin baik Kinerja guru. (4) Terdapat pengaruh signifikan persepsi guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, dan Motivasi secara bersama-sama terhadap Kinerja guru dengan nilai probabilitas statistik F sebesar 38,173. dan koefisien determinasi (R²) sebesar 0,512. Sumbangan relatif tingkat persepsi guru tentang kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja sebesar 32,4%, kompetensi terhadap kinerja guru sebesar 39,3%, motivasi terhadap kinerja guru sebesar 21,8%.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru , Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kompetensi, Motivasi,Kinerja Guru SMK Seni dan Kerajinan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 04 May 2010 03:50
Last Modified: 11 Apr 2011 08:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6765

Actions (login required)

View Item View Item