SAYEKTI , TITIK (2005) PELAKSANAAN MODEL MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KOTA SURAKARTA (Studi Pada Sekolah Dasar Negeri Tempel I Kec. Banjarsari Kota Surakarta). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100030076.pdf Download (233kB) |
|
PDF
Q100030076.pdf Restricted to Repository staff only Download (675kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Proses pelaksanaan model manajemen berbasis sekolah yang efektif untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Tempel 1 Kec. Banjarsari Kota Surakarta dalam rangka implementasi otonomi penyelenggaraan pendidikan; 2) Pelaksanaan model manajemen berbasis sekolah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Dasar Negeri Tempel 1 Kec. Banjarsari Kota Surakarta yang efektif dilihat dari kesesuaian model dengan kaidah-kaidah pengelolaan sekolah; 3) Efektivitas pelaksanaan proses pengembangan manajemen berbasis sekolah di SD Negeri Tempel I Kec. Banjarsari Kota Surakarta; dan 4) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan MPMBS di Sekolah Dasar Negeri Tempel 1 Kec. Banjarsari Kota Surakarta dan bagaimanakah solusi penyelesaiannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan mengambil objek penelitian manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di SD Negeri Tempel I Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta, maka subjek penelitian adalah SD Negeri Tempel I Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Validitas data dilakukan dengan teknik: triangulasi, pengecekan dengan anggota atau member check, penyusunan database dan penyusunan mata rantai semua bukti penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisa jaringan atau mengalir yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang dilakukan secara simultan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis dapat diperoleh kesimpulan bahwa: 1) Sosialisasi dan pemahaman masyarakat tentang pelaksanaan manajemen peningkatan mutu berbasis sekolah di SD Negeri Tempel I Kec. Banjarsari Kota Surakarta dilakukan dengan diikuti oleh guru kelas, guru mata pelajaran, pengurus komite (saat itu BP3), ketua RT setempat, Lurah Banyuanyar, dan tokoh masyarakat setempat; 2) Pelaksanaan model peningkatan mutu berbasis sekolah di SD Negeri Tempel I Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta disesuaikan dengan perencanaan yang telah disusun bersama antara pihak sekolah dan masyarakat; 3) Efektivitas pelaksanaan MPMBS di SD Negeri Tempel I Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta MBS mengacu pada empat indikator yang meliputi input, process, output dan outcome; dan 4) Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan MPMBS di SD Negeri Tempel I Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta mencakup tiga hal yaitu kurangnya minat masyarakat untuk terlibat dalam MPMBS, kurangnya pengetahuan tentang MPMBS dan kurangnya koordinasi karena MPMBS merupakan program baru. Solusi yang dilakukan adalah dengan memberikan sosialisasi dan pelatihan yang dilakukan secara intensif.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SEKOLAH DASAR KOTA SURAKARTA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 29 Apr 2010 03:01 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 10:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6761 |
Actions (login required)
View Item |