PURWANINGSIH , SRI (2005) PENGARUH DIMENSI SUPERVISI PENGAJARAN TERHADAP KINERJA GURU NEGERI TAMAN KANAK-KANAK DI KOTA SURAKARTA. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100030074.pdf Download (249kB) |
|
PDF
Q100030074.pdf Restricted to Repository staff only Download (963kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompetensi guru, kepemimpinan guru, dan evaluasi pembelajaran terhadap kinerja guru; pengaruh kompetensi guru terhadap kinerja guru; pengaruh kepemimpinan guru terhadap kinerja guru; dan pengaruh evaluasi pembelajaran guru terhadap kinerja guru negeri Taman Kanak-kanak di Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah semua guru Negeri Taman Kanak-kanak di Kota Surakarta sebanyak 150 orang. Sampel penelitian ini adalah guru Negeri Taman Kanak-kanak Negeri di Kota Surakarta sebanyak 108 orang yang diambil dengan menggunakan tabel Krecjie dan teknik proporsional random sampling secara undian. Teknik pengumpulan data variabel kompetensi guru, kepemimpinan guru, evaluasi pembelajaran guru digunakan teknik angket dan variabel kinerja guru digunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Hipotesis pertama yang berbunyi “Kompetensi guru, kepemimpinan guru, dan evaluasi pembelajaran guru secara simultan memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru negeri di Taman Kanak-kanak se-Kota Surakarta” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan Fhitung = 27,343 > Ftabel = 2,68 pada taraf signifikansi 5% dan db 3;104 serta sumbangan efektif sebesar 44,10%; (2) Hipotesis kedua yang berbunyi “Kompetensi guru memberikan secara parsial pengaruh yang positif terhadap kinerja guru negeri di Taman Kanak-kanak se- Kota Surakarta” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan t1 = 5,759 > ttabel = 1,980 pada taraf signifikansi 5% dan dk 107 serta sumbangan efektif 28,41%; (3) Hipotesis ketiga yang berbunyi “Kepemimpinan guru secara parsial memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru negeri di Taman Kanak-kanak se-Kota Surakarta” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan t2 = 3,802 > ttabel = 1,980 pada taraf signifikansi 5% dan dk 107 serta sumbangan efektif sebesar 15,12%; (4) Hipotesis keempat yang berbunyi “Evaluasi pembelajaran guru secara parsial memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja guru negeri di Taman Kanak-kanak se-Kota Surakarta” dapat dibuktikan kebenarannya. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan t3 = 3,597 > ttabel = 1,980 pada taraf signifikansi 5% dan dk 107 serta sumbangan efektif sebesar 13,54%.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | DIMENSI SUPERVISI PENGAJARAN, KINERJA GURU NEGERI TAMAN KANAK-KANAK |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 29 Apr 2010 02:55 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 10:09 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6760 |
Actions (login required)
View Item |