MAHMUD, AGIL (2005) PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT SEBAGAI MODEL PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA INSANI (STUDI KASUS DI ISITEKS IMOGIRI, BANTUL DIY). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
Q100020002.pdf Download (64kB) |
|
PDF
Q100020002.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komponen-komponen yang harus disiapkan dalam pelaksanaan pendidikan berbasis masyarakat di Isiteks, baik yang menyangkut environmental input, raw input maupun instrumental input. Menggambarkan tahapan-tahapan proses implementasi manajemen pendidikan berbasis masyarakat di Isiteks dalam memberdayakan sumber daya insani berupa siklus manajemen yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, evaluasi dan pengembangan. Mengungkapkan hasil atau dampak pelaksanaan pendidikan berbasis masyarakat di Isiteks dalam memberdayakan sumber daya insani, berupa aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Penelitian yang berlokasi di Isiteks Imogiri, Bantul DIY ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu studi kasus genetik yang diarahkan untuk memahami secara menyeluruh suatu kasus tunggal. Kesimpulannya bersifat deskriptif. Sumber data yang dipergunakan meliputi manusia sebagai informan, yaitu pendiri/pimpinan Isiteks dan santri-santrinya yang didukung dengan dokumen- dokumen tertulis Isiteks, kemudian fisik dan lingkungan internal Isiteks. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi langsung dan analisa dokumen. Pemilihan data untuk menyeleksi data dilakukan dengan teknik cuplikan/ sampling. Sementara validitas data dilakukan dengan trianggulasi data, yaitu eknik pemeriksaan keabsahan data dari sumbernya. Analisis data dilaksanakan secara terus-menerus mulai dari pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi data hingga menarik kesimpulan dilakukan dengan model analisis mengalir. Hasil-hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan berbasis masyarakat di siteks dilandasi oleh kondisi environmental input yang kondusif di mana pendidikan kita tidak mampu memenuhi perkembangan dan kebutuhan masyarakat, didukung oleh raw input yang secara kognitif dan afektif telah siap karena para santri merupakan ilmuwan. Dan instrumental input, berupa guru diperankan oleh KH Djaka Sasmita, namun lebih banyak direduksi karena pendekatan androgogi, kurikulumnya berbasis realitas dan Al Qur’an dan pendanaan atau sarana meskipun terbatas, namun dipenuhi sendiri oleh Isiteks. Pengelolaan manajemennya mengacu pada siklus perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan, pembinaan, evaluasi dan pengembangan yang partisipatif dan dialogis sehingga memungkinkan berkembangnya kreativitas dan inisiatif. Sementara tujuan atau outputnya yang lebih mengacu pada pencapaian aspek pembelajaran psikomotor telah banyak memberikan kontribusi dalam menghasilkan produk atau temuan dalam ilmu pengetahuan dan teknologi.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan, pemberdayaan, sumber daya insani |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs. Gatiningsih Gatiningsih |
Date Deposited: | 23 Apr 2010 07:10 |
Last Modified: | 15 Nov 2010 10:31 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6727 |
Actions (login required)
View Item |