RIRIN, RIRIN (2008) UPAYA MENINGKATKAN MINAT SISWA DARI HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII B SMP N 1 Ngrampal). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
PDF
A410030191.pdf Restricted to Repository staff only Download (385kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui pembelajaran berbasis masalah. Hasil belajar yang menjadi fokus adalah minat belajar siswa. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VII B SMP N 1 Ngrampal Sragen yang berjumlah 40 siswa, subjek pelaksana tindakan adalah peneliti dan subjek yang membantu pelaksana adalah guru matematika dan kepala sekolah. Analisis data secara deskriptif kualitatif dengan presentase dan model alur. Hasil penelitian tindakan kelas ini adalah: 1) usaha meningkatkan minat belajar siswa dilakukan melalui Pembenahan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.2) Peningkatan minat belajar siswa yang meliputi; a) perasaan senang siswa terhadap pembelajaran matematika mencapai 75,00%, b) perhatian siswa dalam pembelajaran matematika mencapai 80,00%, c) kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika mencapai 62,50%, d) konsentrasi siswa dalam pembelajaran mencapai 67,50% dan e) kesadaran siswa dalam pembelajaran matematika mencapai 87,50%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat, Hasil Belajar, Pembelajaran, Berbasis Masalah |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ken Retno Yuniwati |
Date Deposited: | 21 Nov 2008 02:37 |
Last Modified: | 17 Nov 2010 10:54 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/672 |
Actions (login required)
View Item |