Analisis Kerusakan Jalan Akibat Overloading Ruas Jalan Bawen-Krasak Jawa Tengah

SUKORENO, HERRY (2005) Analisis Kerusakan Jalan Akibat Overloading Ruas Jalan Bawen-Krasak Jawa Tengah. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
S100040006.pdf

Download (34kB)
[img] PDF
S100040006.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB)

Abstract

Mulai pulihnya kegiatan perekonomiaan di Indonesia yang ditandai dengan peningkatan pembangunan telah menyebabkan pertumbuhan lalu lintas yang sangat pesat terutama lalu lintas angkutan barang. Kenaikan jumlah kenaikan jumlah kendaraan yang diikuti dengan pelanggaran batas muatan yang diijinkan terutama kendaraan berat nampaknya telah menjadi masalah yang cukup serius yang berakibatnya menurunnya umur pelayanan jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengurangan umur pelayanan yang terjadi akibat kendaraan berat bermuatan lebih (overloading) dan menghitung besarnya biaya perbaikan akibat kendaraan berat bermuatan lebih (overloading) yang dapat dibebankan pada pengguna jalan (user) yang overloading Oleh karena itu, digunakan formula dari Petunjuk Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya SKBI-2.3.26, UDC 625.73, yang merupakan suatu model matematika yang diperlukan untuk melakukan analisa pengurangan umur pelayanan akibat muatan lebih (overloading) dan biaya perbaikan yang akan menentukan besarnya kontribusi biaya perbaikan bagi pengguna kendaraan yang bermuatan lebih (overloading). Hasil analisa memperlihatkan bahwa pengurangan umur pelayanan dari sekitar 10 tahun menjadi kurang lebih 3 tahun, dan kontribusi bagi pengguna kendaraan berat yang bermuatan lebih adalah 60 % dari kerugian biaya pengurangan umur rencana akibat overloading. Dengan menggunakan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa : truk 2 sumbu (8-12 ton) kontribusi Rp. 700 per kendaraan per lintas; truk 2 sumbu (13-19 ton) kontribusi Rp. 3.000 per kendaraan per lintas; truk 3 sumbu (20-24 ton) kontribusi Rp. 3.500 per kendaraan per lintas; truk 4 sumbu (25-29 ton) kontribusi Rp. 700 per kendaraan per lintas; dan truk 5 sumbu (≥ 30 ton) kontribusi Rp. 2.000 per kendaraan per lintas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: kerusakan jalan, overloading, umur pelayanan
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Mrs. Gatiningsih Gatiningsih
Date Deposited: 20 Apr 2010 09:10
Last Modified: 15 Nov 2010 10:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/6701

Actions (login required)

View Item View Item